Resmikan Sirkuit Mandalika, Jokowi Tegaskan Bisa Untuk Event Kelas Dunia
Instagram/jokowi/Agus Suparto
Nasional

Presiden Joko Widodo meresmikan Sirkuit Mandalika di NTB pada Jumat (12/11), yang menurutnya sudah dipersiapkan sebaik mungkin untuk ajang kelas dunia, termasuk World Superbike dan MotoGP.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah meresmikan Sirkuit Mandalika yang terletak di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat (12/11) siang. Bukan hanya meresmikannya, Jokowi bahkan menjajal perdana sirkuit yang dipersiapkan untuk sejumlah turnamen balapan internasional tersebut.

Saat peresmiannya, Jokowi pun menegaskan bahwa Sirkuit Mandalika telah dipersiapkan sebaik mungkin untuk ajang balap kelas dunia. Salah satunya dengan membangun Sirkuit Mandalika dengan teknologi aspal terbaru yakni stone mastic asphalt.

"Sirkuit Mandalika dengan panjang sirkuit 4,3 kilometer dengan teknologi aspal terbaru, stone mastic asphalt (SMA), juga telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan," kata Jokowi, Jumat (12/11). "Semuanya siap digunakan untuk mendukung penyelenggaraan event-event kelas dunia di Kawasan Mandalika ini."


Beberapa agenda internasional yang akan segera digelar di Sirkuit Mandalika seperti World Superbike 2021 pekan depan. "Dan dilanjutkan nantinya di bulan Maret 2022 dengan MotoGP," imbuh Jokowi.

Namun bukan hanya untuk ajang balap internasional, Jokowi berharap sirkuit yang dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut bisa memicu pertumbuhan titik-titik ekonomi baru di Provinsi NTB. Jokowi pun optimis bahwa perhelatan-perhelatan akbar bisa dilaksanakan setiap tahunnya di Sirkuit Mandalika.

"Saya kira ini sebuah perhelatan besar yang setiap tahun terus akan diadakan di Sirkuit Mandalika dan itu dipastikan akan memberikan dampak pertumbuhan ekonomi di Provinsi NTB," jelas Jokowi. "Ya ini kan dicoba dululah World Superbike dicoba, nanti MotoGP dilaksanakan, kita evaluasi, baru kita akan ke arah mana akan kelihatan nanti."

Pada kesempatan yang sama, Jokowi juga meresmikan jalur bypass penghubung Bandara Internasional Lombok (BIL) dan KEK Mandalika. "Alhamdulillah kita patut bersyukur bahwa pembangunan jalan bypass Bandara Internasional Lombok sampai ke Mandalika dengan panjang 17,3 kilometer telah selesai dibangun dan siap untuk digunakan sehingga jarak tempuh antara bandara dengan Mandalika hanya 15 menit saja," papar Jokowi.

(wk/elva)


You can share this post!


Related Posts