Pekan Kebudayaan Nasional 2021 Digelar Hari Ini, Bakal Dibuka Presiden Jokowi
presidenri.go.id
Nasional

Pada Jumat (19/11) malam nanti, akan digelar PKN 2021 Kemendikbudristek. Dalam perayaan PKN kali ini, digelar secara virtual lantaran masih berada dalam kondisi pandemi COVID-19.

WowKeren - Pada Jumat (19/11) malam ini, Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2021 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal digelar. Acara ini disebut juga akan langsung dibuka oleh Presiden Joko Widodo.

Meski demikian, mengingat Indonesia saat ini masih berada dalam pandemi COVID-19, maka Jokowi akan membuka PKN 2021 Kemendikbudristek secara virtual. Hal ini disampaikan oleh Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid.

Hilmar mengatakan bahwa pembukaan PKN 2021 itu mengambil tema "Napas Jiwa". Sementara untuk tema PKN 2021 sendiri adalah "Cerlang Nusantara Pandu Masa Depan". Kemudian tema dari PKN 2021 itu dibagi menjadi tiga sub tema seperti sandang, pangan, dan papan.

"Tiga subtema tersebut diaplikasikan pada program-program berupa kompetisi, konferensi dan lokakarya, pameran, pergelaran, dan pekan kebudayaan daerah," ujar Hilmar dalam keterangannya, Jumat (19/11). Acara tersebut nantinya juga akan disiarkan melalui TVRI dan Indonesiana.tv.


Lebih lanjut, Hilmar menuturkan bahwa PKN 2021 itu akan berlangsung pada 19 hingga 26 November mendatang secara virtual. Meski baru akan dibuka malam ini, tetapi rangkaian acaranya telah berlangsung sejak Juli lalu.

"PKN tahun ini dilaksanakan secara virtual, kegiatan pra-PKN sudah dilaksanakan dari bulan Juli hingga saat ini masih berlangsung," jelas Hilmar. "Berbagai kegiatan dari daerah sudah dipersiapkan, dan masyarakat bisa menyaksikan di halaman media sosial kebudayaan."

Acara pembukaan PKN 2021 malam nanti, kata Hilmar, juga akan diisi oleh top artis Tanah Air seperti Slank, Godbless, Fourtwenty, Kikan, Reza Artamevia, Memes, dan Titi DJ. Tak hanya itu, ada juga Intan Soekotjo, Mahalini, Shine of Black, Jason Ranti, Vicky Sianipar, Endah dan Rhesa, serta musisi lainnya.

Selanjutnya, Hilmar menyampaikan bahwa dalam PKN 2021 nanti juga akan menghadirkan karya seni dari seluruh daerah Indonesia. Akan dimeriahkan juga dengan sejumlah kegiatan kearifan lokal. Kemudian juga mengadakan berbagai kegiatan seperti konferensi, kompetisi lokakarya, dan pameran.

Kemudian, kata Hilmar, ada pagelaran dan pekan kebudayaan daerah. Selanjutnya, dalam PKN 2021 juga akan menghadirkan sejumlah pakar yang akan menjadi pembicara yakni Samuel Wattimena (sektor sandang), Helianti Hilman (sektor pangan), dan Gregorius Antar Awal (sektor papan).

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru