Khawatir Varian Baru COVID-19, Singapura Perketat Kontrol Perbatasan untuk 7 Negara Afrika
Dunia
Pandemi Virus Corona

Singapura memperketat tindakan pengendalian perbatasan bagi para pelancong dengan riwayat perjalanan ke negara-negara tersebut sebagai tanggapan atas situasi yang memburuk.

WowKeren - Kementerian Kesehatan Singapura (MOH) turut mengambil langkah sigap menanggapi varian baru yang kini tengah menjadi sorotan. Pemerintah negara itu mengumumkan langkah-langkah kontrol perbatasan yang diperbarui untuk pelancong yang datang dari 7 negara Afrika pada Jumat (26/11).

Adapun ke-7 negara tersebut yang dimaksud adalah Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, Afrika Selatan, dan Zimbabwe. MOH mengatakan bahwa mereka akan memperketat tindakan pengendalian perbatasan bagi para pelancong dengan riwayat perjalanan ke negara-negara tersebut sebagai tanggapan atas situasi yang memburuk di sana.

Kebijakan yang baru itu akan berlaku mulai Sabtu 27 November pukul 23.59 waktu setempat. Semua pemegang izin jangka panjang dan pengunjung jangka pendek dengan riwayat perjalanan baru-baru ini ke salah satu dari tujuh negara di atas dalam 14 hari terakhir tidak akan diizinkan masuk ke Singapura, maupun transit melalui Singapura.

Kebijakan yang baru ini akan berlaku bagi mereka yang telah memperoleh persetujuan sebelumnya untuk masuk ke Singapura. Warga Negara Singapura dan Penduduk Permanen yang kembali akan dikenakan SHN (Stay Home Notice) 10 hari di SHN-Dedicated Facility (SDF).


Singapura akan menempatkan Afrika Selatan di kategori IV. Pembatasan perbatasan tambahan ini akan berlaku selama empat minggu dalam contoh pertama, setelah itu Depkes akan meninjau dan memperpanjang pembatasan jika perlu.

MOH menambahkan, meski varian tersebut telah dinilai lebih menular, namun saat ini tidak ada cukup bukti untuk menentukan apakah varian ini terkait dengan perubahan keparahan penyakit, respon antibodi atau kemanjuran vaksin. Faktor-faktor ini sedang diselidiki. Depkes selanjutnya akan mengevaluasi data yang muncul dan meninjau langkah-langkah perbatasan yang sesuai.

Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe saat ini adalah negara-negara yang masuk Kategori IV. Pelancong yang tiba dengan riwayat perjalanan baru-baru ini ke negara-negara itu saat ini diharuskan untuk mengikuti Pemberitahuan Tinggal di Rumah (Stay-Home Notice/SHN) 10 hari di fasilitas SHN khusus.

Singapura saat ini tidak memiliki kasus varian ini. Depkes mengatakan akan mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi risiko penyebaran B.1.1.529 ke Singapura.

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts