Birthday Spotlight: Happy Soobin Day
Big Hit Music
Selebriti

Birthday Spotlight pekan ini hadir dalam rangka merayakan ulang tahun Soobin TXT yang jatuh pada Rabu (5/12) lalu. WowKeren akan mengulas tuntas perjalanan karier hingga rencana masa depan pemilik nama asli Choi Soobin tersebut.

WowKeren - Soobin TXT baru saja merayakan ulang tahun ke-21 (perhitungan umur internasional) yang jatuh pada Minggu (5/12) lalu. Kali ini Birthday Spotlight akan hadir menemani pembaca setia WowKeren untuk mengupas tuntas perjalanan hidup sang leader boy grup asuhan HYBE tersebut.

Bagi penggemar K-Pop, Soobin tentunya sudah tidak asing lagi. Selain menjadi salah satu member grup dengan kepanjangan Tomorrow By Together tersebut, pemilik nama asli Choi Soobin itu sempat menjadi MC "Music Bank" bersama Arin OH MY GIRL selama setahun lebih.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, yuk intip perjalanan karier Soobin dari sebelum debut hingga menjadi penyanyi sekaligus leader salah boy grup generasi 4 terpanas sekarang ini.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Choi Soobin lahir di Ansan, Provinsi Gyeonggi, Korea Selatan pada 5 Desember 2000. Merupakan seorang bungsu, Soobin mempunyai satu kakak laki-laki dan satu kakak perempuan. Masing-masing dari mereka 10 tahun dan 6 tahun lebih tua daripada dirinya.

Soobin lulus dari Sekolah Menengah Kyongsu dan harus berhenti dari SMA Ansan. Meski begitu ia melanjutkan pendidikannya dengan mengikuti tes kelulusan Sekolah Menengah Atas hingga menjadi mahasiswa broadcasting di Global Cyber University.

Sebelum debut, Soobin menghabiskan tiga tahun pelatihan. Selama tahun pertama, ia menyembunyikan statusnya sebagai trainee karena keinginannya menjadi idol sempat ditentang sang ibu dan dirinya sendiri tidak berpikir akan berhasil. Dalam sebuah V-Live pada Oktober 2020 lalu, Soobin bercerita bahwa ia baru memberitahu orang-orang sekitar setelah resmi masuk di debut team.

2. Debut


Debut

Soobin menjadi member kedua TXT yang diperkenalkan oleh Big Hit Entertainment. Kemunculan pertamanya adalah dalam video perkenalan di YouTube yang bertajuk "What Do You Do", dirilis pada 13 Januari 2019.

Wacana debut boy grup "adik" BTS (Bangtan Boys) ini sudah digadang Bang Si Hyuk sejak awal 2017 dan baru resmi diungkapkan kepada khalayak pada Januari 2019. Bersama dengan TXT, Soobin debut sebagai leader grup dengan merilis album "The Dream Chapter: STAR" pada 4 Maret 2019. TXT tidak mempunyai posisi tertentu selain leader.

Sebulan setelah debut pada April 2019, TXT mengumumkan tur dunia yang dilakukan sepanjang pertengahan tahun itu. Mengukir awal yang kuat, Soobin cs berhasil menyabet gelar Rookie of The Year di sejumlah ajang penghargaan di tahun pertama mereka.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Hingga saat ini, TXT telah membuat rekam jejak membanggakan sepanjang kariernya. Grup yang baru akan memasuki tahun ke-4 ini setidaknya sudah meraih 23 penghargaan dan masuk ke dalam 68 nominasi di berbagai ajang.

Sepanjang tahun 2020 dan 2021 telah menjadi masa kejayaan TXT, bahkan mereka sudah memulai debut di Jepang pada Januari 2020 lalu dan menembus peringkat 2 di tangga lagu Oricon. Setidaknya sudah meriis 3 album dan 4 extended plays, grup yang dipimpin Soobin itu hampir selalu mencatat lebih dari 100 ribu penjualan di minggu pertama. Bahkan mereka juga telah dimahkotai rekor half million.

Untuk Soobin secara pribadi, ia semakin mencuri perhatian publik dengan menjadi MC di "Music Bank" bersama Arin OH MY GIRL dari Juli 2020 sampai dengan Oktober 2021. Selain bermusik, ia juga dikenal sebagai entertainer yang handal dan berhasil membangun pertemanan dengan sejumlah selebriti.

4. Kontroversi


Kontroversi

Selama karier, TXT jarang terjerat kontroversi besar yang mempengaruhi citra mereka. Namun pada 13 September 2021 lalu, Soobin mendapat masalah karena secara tidak sengaja mengucapkan kata ejekan atau rasis kepada kaum kulit hitam yang menjadi perhatian fans internasional terutama asal Amerika Serikat.

Setelah fanmeet yang digelar pada hari itu, seorang MOA (sebutan untuk fans TXT) merilis percakapan antara dirinya dan Soobin. Sebagian penggemar menyadari bahwa sang idol tanpa sadar menggunakan kalimat cercaan anti kulit hitam. Tak lama kemudian, fans tersebut meminta maaf karena tidak mengetahui maksudnya.

Usai menjadi pembicaraan hangat di Twitter, MOA lantas bersatu padu untuk meluruskan ketidaktahuan sang idol. Mereka berusaha memberitahu para fans yang beruntung bisa bergabung dalam fanmeet untuk membagikan pengetahuan itu untuk Soobin.

5. Rencana Masa Depan


Rencana Masa Depan

TXT baru saja merilis album Jepang yang bertajuk "Chaotic Wonderland". Belum lama ini, Soobin, Yeonjun, Beomgyu, Taehyun dan Huening Kai juga telah menggelar konser online pertama mereka "ACT: BOY".

Saat ini, Soobin bersama yang lain sedang bersiap merilis "Season Greeting 2022" yang merupakan tradisi menyambut tahun baru para grup idol Korea Selatan. Merchandise resmi menyambut tahun baru TXT itu nantinya akan dirilis pada 14 Desember mendatang.

Sementara itu, TXT masih menyimpan kejutan perihal album dan konsernya di masa depan. Meski demikian, mereka kini sedang disibukkan menghadiri acara penghargaan dan perayaan akhir tahun. Soobin dan yang lain pun cukup sering berkomunikasi dengan fans melalui siaran di V Live atau menyapa lewat Weverse.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait