Tinjau Daerah Terdampak Erupsi Semeru, Jokowi Akan Relokasi Ribuan Rumah
Twitter/jokowi
Nasional

Sementara itu, salah satu fokus pemerintah untuk saat ini adalah membantu pengungsi dan memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat awan panas guguran Semeru.

WowKeren - Presiden Joko Widodo telah meninjau wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, pada Selasa (7/12). Dalam kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan bahwa ada ribuan rumah warga yang layak direlokasi. Pemerintah sendiri masih mendata rumah warha yang harus direlokasi.

"Tadi saya mendapatkan laporan bahwa 2.000-an rumah harus direlokasi," ujar Jokowi.

Namun demikian, masih belum jelas bagaimana skema relokasi rumah warga tersebut. Adapun wilayah yang akan menjadi tujuan relokasi juga masih belum ditentukan.

"Segera akan kita putuskan dimana relokasinya, dan saat itu juga akan segera kita bangun," papar Jokowi. "Saya kira semuanya sudah siap."

Sementara itu, salah satu fokus pemerintah untuk saat ini adalah membantu pengungsi dan memperbaiki infrastruktur yang rusak akibat awan panas guguran Semeru. Jokowi sendiri turut memantau infrastruktur yang rusak dalam peninjauannya.


"Pagi hari ini (7/12) saya datang untuk memastikan seluruh kekuatan yang kita miliki sudah berada di lapangan," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut.

Selain meninjau kerusakan infrastruktur, Sang Presiden juga sempat mengunjungi posko terpadu di lapangan Desa Sumberwuluh. Terdapat dapur umum, layanan kesehatan, serta layanan penyembuhan trauma bagi anak di posko tersebut.

"Konsumsi, kesehatan, kemudian air bersih. Saya kira kondisinya mulai membaik," terangnya.

Usai bencana ini mereda, perbaikan infrastruktur diharapkan bisa segera dimulai. Adapun upaya perbaikan infrastruktur ini akan diawali dengan pembangunan jembatan darurat pengganti Jembatan Gladak Perak.

Sebagai informasi, Jembatan Gladak Perak yang menghubungkan Lumajang dengan Kabupaten Malang runtuh akibat awan panas guguran Semeru. Untuk sementara, arus kendaraan dari Malang menuju Lumajang serta sebaliknya dialihkan lewat Probolinggo.

Sebelumnya, Jokowi telah memberikan arahan tanggap darurat erupsi Gunung Semeru. Jokowi memerintahkan agar bantuan pelayanan kesehatan dan logistik bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru segera diselesaikan. Selain itu, Jokowi juga meminta agar perbaikan infrastruktur dituntaskan secepatnya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait