Wisata Gunung Bromo Tetap Buka, Catat Banyak Pengunjung Datang Saat Erupsi Semeru Terjadi
pixabay.com
Nasional
Erupsi Semeru

Erupsi Gunung Semeru yang terjadi beberapa waktu lalu, tidak terdampak ke wisata Gunung Bromo. Sehingga, wisata Gunung Bromo masih tetap buka seperti biasa.

WowKeren - Beberapa waktu lalu, Gunung Semeru mengalami erupsi. Bencana alam ini tentunya menimbulkan banyak dampak bagi masyarakat sekitar. Meski demikian, dampaknya disebut tidak sampai ke wisata Gunung Bromo.

Sehingga, Gunung Bromo masih tetap buka, dan aksesnya juga tetap berjalan normal. "Kawasan Gunung Bromo tidak terdampak Gunung Semeru, sehingga tetap buka sampai hari ini," tutur Kasubbag Bagian Data, Evaluasi Pelaporan, dan Hunas BB-TNBTS Sarif Hidayat kepada detik.com , Jumat (10/12).

Lebih lanjut, Sarif mengklaim bahwa banyak wisatawan yang datang ke Gunung Bromo saat erupsi terjadi. Pihaknya mencatat, data kunjungan wisatawan mulai 4 Desember hingga 6 Desember 2021, mencapai sekitar 1.642 orang.

Sarif mengungkapkan banyaknya wisatawan yang tercatat itu sebagian besar merupakan wisatawan lokal. Para wisatawan diketahui masuk ke wisata Bromo melalui tiga pintu yakni Kabupaten Malang, Pasuruan, dan Probolinggo. "Mayoritas wisatawan lokal yang berkunjung ke Bromo," imbuhnya.


Sebagai informasi, obyek wisata Gunung Bromo sendiri dibuka kembali pada 5 November 2021 lalu. Hal ini dibuka seiring ada penurunan level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sejak 2 November 2021.

Sementara itu, wisatawan yang datang diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara ketat, dan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, juga bisa melakukan pendaftaran dan pembayaran secara online melalui laman resmi TNBTS di www.bookingbromo.bromotenggersemeru.org.

Di sisi lain, akses jalan ke wisata Bromo di Desa Baledono, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, yang longsor belum diperbaiki. Meski begitu, jalan ini diketahui masih bisa dilalui kendaraan wisatawan. Hal ini disampaikan oleh Seksi Wilayah 1 Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNBTS), Sarmin kepada detik.com.

Sarmin menuturkan bahwa jalan yang longsor itu merupakan akses ke Bromo melalui Kota Pasuruan-Kecamatan Pasrepan. Selain jalur tersebut, selama ini wisatawan Bromo juga melintasi jalur Purwodadi-Tutur.

(wk/tiar)


You can share this post!


Related Posts