Ethiopian Airlines Kembali Terbangkan Boeing 737 Max Usai 2 Tragedi Mematikan
pixabay.com/Ilustrasi/ThePixelman
Dunia

Sebagaimana diketahui, maskapai penerbangan Ethiopia tersebut telah mengandangkan armada jet Boeing 737 MAX 8 sebagai tindakan pencegahan keamanan ekstra.

WowKeren - Ethiopian Airlines berencana untuk melanjutkan menerbangkan dengan menggunakan pesawat Boeing 737 MAX pada armadanya mulai 1 Februari mendatang. Pengumuman itu disampaikan oleh kepala eksekutif maskapai Tewolde Gebremariam pada hari Senin (27/12).

Mengutip kepercayaan atas keselamatan armada, ia mengatakan, "Keselamatan adalah prioritas utama kami di Ethiopian Airlines dan memandu setiap keputusan yang kami buat dan semua tindakan yang kami ambil."

Keputusan untuk kembali menerbangkan B737 MAX diambil lewat sejumlah pertimbangan matang. Salah satunya setelah adanya sertifikasi ulang oleh FAA (Federal Aviation Administration), EASA Eropa, dan badan lainnya. Selain itu, sudah banyak maskapai di seluruh dunia yang telah mengambil langkah serupa.

"Sejalan dengan prinsip panduan ini bahwa kami sekarang mengembalikan B737 MAX ke layanan tidak hanya setelah sertifikasi ulang oleh FAA (Federal Aviation Administration), EASA Eropa, Transport Canada, CAAC, ECAA dan badan pengatur lainnya," ujarnya. "Tetapi juga setelah kembalinya layanan oleh lebih dari 34 maskapai di seluruh dunia."



Sebagaimana diketahui, maskapai penerbangan Ethiopia itu telah mengandangkan armada jet Boeing 737 MAX 8 sebagai tindakan pencegahan keamanan ekstra. Hal itu dilakukan setelah kecelakaan penerbangan ET 302 yang terjadi pada 2019 lalu yang menewaskan semua 157 orang di dalamnya.

Kecelakaan nahas itu terjadi ketika pesawat baru saja berangkat dari Bandara Internasional Bole di Addis Ababa yang menuju ke Nairobi. Pesawat melaporkan masalah teknis dan meminta izin untuk kembali dan penerbangan jatuh dari langit tak lama kemudian.

Itu merupakan insiden kedua yang melibatkan B737 MAX. Sebelumnya pada Oktober 2018, sebuah penerbangan Lion Air Boeing 737 MAX 8 jatuh dari langit di atas Laut Jawa, menewaskan 189 orang di dalamnya.

Sementara itu, Boeing telah memberi pesawat itu catatan kesehatan yang bersih untuk melanjutkan operasi. Sejak armada itu kembali beroperasi, maskapai telah melakukan ratusan ribu penerbangan dengan B737 MAX.

"Sejak 737 MAX kembali beroperasi, maskapai telah menerbangkan hampir 240.000 penerbangan di seluruh dunia," kata perusahaan. "Dan melakukan lebih dari 1.300 penerbangan setiap hari."

(wk/zodi)


You can share this post!


Related Posts