Telah Dimulai, DPRD DKI Sebut PTM 100 Persen di Jakarta Berjalan Lancar
Nasional
Sekolah di Tengah Corona

Pada pekan lalu, DKI Jakarta diketahui telah memulai pelaksanaan PTM 100 persen. Mengetahui hal ini, pihak DPRD DKI Jakarta lantas melakukan pemantauan pelaksanaan sekolah tatap muka tersebut.

WowKeren - Sebelumnya, pemerintah telah memutuskan untuk menggelar pembelajaran tatap muka (PTM) 100 persen. Hal ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 Menteri.

Salah satu wilayah yang telah menerapkan PTM 100 persen adalah DKI Jakarta. DKI Jakarta diketahui telah memulai PTM 100 persen pada pekan lalu.

Menanggapi pelaksanaan PTM 100 persen di DKI Jakarta itu, anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta dari Fraksi PAN, Oman Rohman Rakinda menuturkan bahwa sejauh ini, pelaksaan sekolah tatap muka itu berjalan lancar. Menurut pantauannya, anak-anak, tenaga pengajar, hingga orangtua menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan baik.

"Saya berharap semangat menerapkan prokes tetap dijaga selama pandemi," tutur Oman kepada Republika, Senin (10/1).

Lebih lanjut, Oman meminta agar pemerintah bisa mengedukasi para orangtua siswa soal penerapan prokes. Sehingga, kasus COVID-19 bisa terhindarkan di lingkungan sekolah. Menurutnya, sejauh ini belum ada kasus COVID-19 yang ditemukan dalam pelaksanaan PTM tersebut.


Oman lantas mencatat bahwa semua pihak termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk bisa lebih serius soal pelaksanaan PTM tersebut. Terlebih, semua itu menyangkut prokes di lingkungan sekolah. Maka keseriusan penerapan prokes harus terus dijaga seperti di hari-hari pertama pelaksanaan PTM.

Di sisi lain, hal senada tampaknya juga disampaikan oleh Ketua Fraksi Komisi E DPRD DKI Jakarta, Iman Satria. Meski demikian, Iman mengaku bahwa komisi belum melakukan pemantauan lebih jauh terkait pelaksanaan PTM di Ibu Kota, termasuk soal evaluasi tersebut.

"Jujur saya belum lagi pantau itu. Nanti segera dirapatkan jika sudah berjalan cukup lama." ungkap Iman dalam keterangan.

Adapun kota lainnya yang juga telah memulai pelaksanaan PTM adalah Surabaya. Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi bersama pimpinan dan anggota DPRD tampak meninjau pelaksanaan PTM 100 persen yang baru di mulai pada Senin (10/1) hari ini.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Yusuf Masruh telah menyampaikan bahwa PTM akan digelar dengan mekanisme dibagi menjadi dua kloter. 50 Persen masuk pagi, dan 50 persen masuk siang.

(wk/tiar)

You can share this post!

Artikel Terkait