Cerita Ghozali Raup Miliaran Rupiah Dari Jualan NFT Foto Selfie: Belum Berani Beritahu Ortu
opensea.io
Nasional
Fenomena NFT

Diketahui, foto-foto selfie yang diambil seorang mahasiswa bernama Ghozali setiap hari sejak tahun 2017 hingga 2021 laku terjual sebagai non-fungible token alias NFT di platform marketplace OpenSea.

WowKeren - Seorang mahasiswa bernama Ghozali belakangan viral di media sosial karena berhasil meraup untung hingga miliar rupiah karena foto-foto selfienya. Diketahui, foto- foto selfie yang diambil Ghozali setiap hari sejak tahun 2017 hingga 2021 laku terjual sebagai non-fungible token alias NFT di platform marketplace OpenSea.

Sebagai informasi, platform OpenSea adalah pasar digital untuk para penjual, pembeli, dan juga kreator aset untuk melakukan transaksi dengan mata uang kripto Ethereum. Akun "Ghozali Everyday" di OpenSea memiliki 933 foto selfie yang dibeli oleh para kolektor mulai dari puluhan ribu hingga belasan juta rupiah per foto.

Ghozali mengaku telah berhasil meraup keuntungan sebesar Rp 1,5 miliar dari penjualan foto selfienya dan akan terus bertambah. Tujuan awal Ghozali mengambil foto selfie setiap hari awalnya bukan untuk menjualnya dalam format NFT, namun sebagai dokumentasi kala ia lulus kuliah nantinya.

"Total pendapatan saya sudah dapat pendapatan total Rp 1,5 miliar lebih. Itu nilai dari keseluruhan yang beli, ada yang bilang sampe Rp 12 M. Tapi saya misal ada yang beli foto saya lagi misal Rp 20 juta, saya dapet 10 persen. Begitu terus," papar Ghozali dilansir Kumparan.


Uang hasil penjualan foto selfie tersebut akan digunakan Ghozali untuk berinvestasi atau membuat studio animasi. "Ke depan uangnya buat investasi lagi. Berharap setelah lulus mau kerja di animasi buat cari pengalaman terus bikin studio animasi sendiri," jelasnya.

Uniknya, Ghozali mengaku belum berani berterus terang kepada orangtuanya soal keuntungan fantastis yang ia raup dari foto- foto selfie. "Jujur saya belum berani bilang ke orangtua. Nanti ditanya ini orang dapat (uang) dari mana," ujarnya sembari tertawa.

Sementara itu, apa sebenarnya NFT itu? NFT adalah aset "satu-satunya" di dunia digital yang bisa dibeli dan dijual seperti properti lain namun tidak memiliki bentuk yang nyata.

Untuk memahaminya, perlu diketahui bahwa aset fungible dalam ilmu ekonomi adalah suatu unit yang bisa dengan mudah dipertukarkan, contohnya adalah uang. Aset non-fungible berarti aset tersebut memiliki sifat yang uni sehingga tidak bisa dipertukarkan dengan sesuatu yang lain. Contohnya adalah lukisan Mona Lisa, orang-orang bisa mengambil foto lukisan tersebut atau membeli cetakannya, namun lukisan yang asli hanya ada satu di dunia.

Karya seni tradisional seperti lukisan bisa memiliki nilai yang sangat berharga karena mereka hanya ada satu, lain halnya dengan file digital yang bisa digandakan dengan mudah dan tanpa henti. Dengan NFT, karya seni digital bisa "ditoken" untuk membuat sertifikat kepemilikan digital yang dapat dibeli dan dijual.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts