Presiden Terpilih Chili Gabriel Boric Gandeng 14 Perempuan dan Mantan Pemimpin Protes Jadi Menteri
Dunia

Jadi presiden terpilih Chili, Gabriel Boric menyampaikan keputusan tak terduga terkait kabinet pertamanya. Gabriel Boric mempercayakan 14 dari 24 jabatan menteri pada perempuan.

WowKeren - Gabriel Boric dari sayap kiri telah terpilih jadi presiden Chili pada pemilihan Desember tahun lalu. Gabriel pun telah mengumumkan kabinet pertamanya. Gabriel pun memberikan sebagian besar jabatan kepada perempuan dan beberapa mantan pemimpin protes mahasiswa.

Empat belas dari 24 menteri baru yang diumumkan pada hari Jumat (21/1) adalah perempuan. Termasuk Menteri Pertahanan, Maya Fernandez yang merupakan cucu dari Presiden sosialis Salvador Allende yang digulingkan oleh kudeta militer pada tahun 1973.

Sementara itu, Kementerian Dalam Negeri yang mengawasi keamanan dalam negeri akan diserahkan kepada Dr Izkia Siches, yang baru-baru ini menjabat sebagai kepala asosiasi medis nasional.

"Kami telah membentuk tim ini dengan orang-orang yang siap, dengan pengetahuan, dengan pengalaman, dan berkomitmen pada agenda perubahan yang dibutuhkan negara ini,” ujar Boric.


"Misi Kabinet ini adalah untuk meletakkan dasar bagi reformasi besar yang telah kami usulkan dalam program kami. Kita berbicara tentang pertumbuhan berkelanjutan yang disertai dengan redistribusi kekayaan yang adil," sambung Boric setelah memperkenalkan menteri-menterinya, menambahkan bahwa itu akan terlihat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sambil memotong "ketidaksetaraan struktural".

Legislator Partai Komunis, Camila Vallejo, yang seperti Boric menjadi terkenal sebagai pemimpin mahasiswa, akan menjadi juru bicara pemerintah. Sementara Menteri Keuangan jatuh ke tangan Mario Marcel yang masa jabatannya sebagai presiden Bank Sentral dipuji secara luas oleh para analis keuangan. Dia sebelumnya bekerja di Bank Dunia, Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan dan di pemerintahan kiri-tengah Chili sebelumnya.

Janji Boric selama kampanye pemilihan untuk memberlakukan reformasi besar pada model ekonomi yang dipimpin pasar Chili, mengguncang investor, meskipun ia telah memoderasi nadanya sejak itu, meningkatkan pasar dan mata uang Chili.

Kabinet Boric mencakup setidaknya enam menteri di bawah usia 40 tahun, termasuk mereka yang memimpin gelombang unjuk rasa pada 2011 untuk pendidikan gratis yang lebih baik. Itu termasuk anggota Kongres Giorgio Jackson dari koalisi Broad Front Boric sendiri, yang ditunjuk sebagai sekretaris jenderal kepresidenan.

(wk/amel)


You can share this post!


Related Posts