Objek Misterius Terdeteksi di Galaksi Bima Sakti, Astronom Khawatir Alien
Pxhere
Dunia

Bagi astronom, penemuan ini tak hanya membuat mereka bertanya-tanya tetapi juga khawatir. Objek itu berjarak sekitar 4.000 tahun cahaya dari Bumi dan sangat terang.

WowKeren - Sebuah objek misterius telah terdeteksi di Galaksi Bima Sakti. Sejumlah peneliti asal Australia menemukan jika objek misterius tersebut berputar aneh. Menurut mereka, objek tak dikenal tersebut tidak seperti apapun yang pernah mereka lihat sebelumnya.

Objek misterius itu pertama kali ditemukan oleh seorang mahasiswa yang tengah mengerjakan tesis. Objek tersebut melepaskan ledakan energi radio yang sangat besar tiga kali setiap jam. Penemuan siswa itu pun segera berubah menjadi penyelidikan lebih lanjut.

"Ledakan terjadi setiap 18,18 menit seperti jarum jam", kata astrofisikawan Natasha Hurley-Walker, yang memimpin penyelidikan. Ia menggunakan teleskop di pedalaman Australia Barat yang dikenal sebagai Murchison Widefield Array.

Meski ada objek lain di alam semesta yang menyala dan mati seperti pulsar, namun tidak dengan objek misterius baru ini. Dr Hurley-Walker mengatakan jika interval 18,18 menit adalah frekuensi yang belum pernah diamati sebelumnya.

Bagi astronom, penemuan ini tak hanya membuat mereka bertanya-tanya tetapi juga khawatir. "Menemukan objek ini adalah sesuatu yang menakutkan bagi seorang astronom karena tidak ada yang tahu siapa yang melakukannya di langit," katanya melanjutkan.


Objek itu berjarak sekitar 4.000 tahun cahaya dari Bumi, sangat terang dan memiliki medan magnet yang sangat kuat. Namun tentu saja, masih ada banyak misteri yang harus dipecahkan.

"Jika Anda menghitung matematikanya, akan menemukan bahwa mereka seharusnya tidak memiliki kekuatan yang cukup untuk menghasilkan gelombang radio semacam ini setiap 20 menit," kata Dr Hurley-Walker. "Seharusnya itu tidak mungkin."

Terkait apakah sinyal radio yang kuat dan konsisten dari luar angkasa dapat dikirim oleh beberapa bentuk kehidupan lain, Dr Hurley-Walker mengatakan, "Saya khawatir itu alien."

Namun yang jelas, tim peneliti mampu mengamati sinyal di berbagai frekuensi. "Itu berarti itu pasti proses alami, ini bukan sinyal buatan," ujar Dr Hurley-Walker.

Astronom akan melakukan deteksi lebih lanjut untuk memastikan bahwa objek itu adalah peristiwa langka yang hanya terjadi satu kali. "Atau populasi baru yang besar yang belum pernah kami perhatikan sebelumnya," pungkasnya.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait