APRIL Sempat Bersinar Jadi Rookie Terbaik, Berikut Prestasi Sebelum Bubar
Musik

Pada Jumat (28/1), DSP Media mengumumkan APRIL telah resmi bubar. Sempat bersinar sebagai grup rookie, berikut ini prestasi Naeun cs selama berkiprah di industri musik Korea.

WowKeren - Kabar mengejutkan datang dari APRIL yang sudah lama dinantikan penggemar. Pada Jumat (28/1), DSP Media mengumumkan pembubaran girl grup "adik" dari KARA dan Rainbow tersebut.

APRIL dibubarkan setelah setahun tidak merilis album sejak terakhir kali mempromosikan "Da Capo" pada 2020 lalu. Meski begitu, Naeun cs telah meraih sejumlah prestasi selama enam tahun berkiprah. Girl grup beranggota enam orang itu sudah menjajaki karier sebagai idol sejak Agustus 2015 dengan lagu "Dream Candy" dari EP "Dreaming".

Di hari-hari debutnya, APRIL memulai dengan awal menjanjikan dengan merilis lagu "Muah" dan B-Side "Glass Castle". Meski ditinggalkan Somin selaku leader, APRIL berhasil menyabet gelar Rookie of The Year pada ajang Korean Entertainment Arts Awards ke-22 pada Februari 2016. Tak hanya itu, mereka juga dianugerahi penghargaan Star of Tomorrow, Rising Star Awards dalam ajang Korea Brand Awards di tahun yang sama.

"Ini benar-benar suatu kehormatan untuk mendapat penghargaan yang luar biasa. Kami tahu betul bahwa kami telah menerima bantuan dari banyak orang untuk tumbuh dan berterima kasih kepada setiap pihak yang terlibat. Kami tidak akan melupakan perasaan ini dan akan bekerja lebih keras lagi menjadi (grup) harapan kalian," kata APRIL pada saat menerima penghargaan rookie terbaik.

Masih di tahun 2016. APRIL sukses menyita perhatian publik setelah merilis lagu "Tinkerbell". Bisa dibilang berada di tahun kejayaannya, mereka juga sempat mengadakan mini konser "Everland Romantic Concert" pada Hari Valentine dan konser "Dream Land" pada bulan Agustus. Setelah Hyunjoo memutuskan untuk mundur saat promosi "Tinkerbell", DSP Media menambahkan Chaekyung dan Rachel ke dalam formasi.


Sampai pada bubarnya hari ini, APRIL mempertahankan formasi 6 member yang terdiri dari Chaewon, Chaekyung, Naeun, Rachel, Yena, dan Jinsol dan semakin bersinar. Lagu pertama mereka dengan formasi baru adalah "April Story" yang juga cukup sukses. Mereka sempat mengadakan konser besar seperti "APRIL 2nd Live Concert in Japan" dan "2017 SPECIAL CHRISTMAS APRIL EVE".

Tak hanya di Korea, APRIL melebarkan sayapnya di pasar musik Jepang dengan merilis ulang lagu hits mereka "Tinkerbell" pada tahun 2018. Di tahun yang sama, girl grup ini disibukkan dengan merilis beberapa album "The Blue" dengan title track "The Blue Bird" dan "The Ruby" bersama lagu utama "Oh! My Mistake". Bahkan di tahun itu mereka membentuk unit yang terdiri dari Jinsol dan Naeun dengan lagu "My Story".

Selama dua tahun berturut-turut, APRIL mendapatkan penghargaan K-Pop Artist Award dalam acara Korean Culture & Entertainment Awards 2017 dan 2018. Kemudian pada tahun 2020, mereka berhasil mendapatkan piala Rising Star Award - Female Group dalam ajang Brand of the Year Awards.

Selama berkarier, setidaknya APRIL sukses merebut 5 penghargaan. Di samping itu, girl grup ini juga berkali-kali menembus nominasi ajang penghargaan musik. Belum lama ini, mereka dinominasikan dalam U+Idol Live Best Artist Award di Seoul Music Awards 2022.

Namun kini keenam member APRIL harus berjalan sendiri-sendiri sejak resmi dibubarkan. Sebelumnya, mereka tersandung rumor bullying karena sebuah postingan seorang netizen yang mengaku adik Hyunjoo di forum online pada awal 2021. DSP media pun sempat membantah rumor bullying dan bermaksud memperkarakan pembuat postingan tersebut.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru