Kara Profile
Kara Profile Photo

Kara

Profesi
Grup penyanyi wanita
Tgl Lahir
May 26, 2019
Lahir di
Korea Selatan
Profesi
Grup penyanyi wanita
Populer
Merilis lagu "Honey" dari mini album "Pretty Girl" (2008)
Tempat Lahir
Korea Selatan
Kewarganegaraan
Korea Selatan
Populer Sejak
Merilis lagu "Honey" dari mini album "Pretty Girl" (2008)

Kara adalah girlband yang beranggotakan lima personil, Park Gyuri (leader, vokalis utama, sub-rapper), Han Seungyeon (vokalis utama), Kang Jiyoung (vokalis), Jung Nicole (vokalis, rapper utama) dan Goo Hara (vokalis, dance leader). Dibentuk tahun 2007, nama Kara berasal dari bahasa Yunani, "chara", yang memiliki arti gembira. Dengan nama ini, mereka harapkan bisa membuat melodi yang manis. Girlband bergenre Pop-R&B ini bernaung di bawah bendera Daesung Entertainment (DSP).

Kara pertama kali tampil di depan publik di acara "M! Countdown" pada 29 Maret 2007 dengan formasi empat anggota. Mereka membawakan lagu "Break It" (2007) dari album pertama "The First Blooming" (2007). Namun sayangnya, tahun 2008 Kim Sunghee harus keluar dari keanggotaan girlband karena ingin fokus pada pendidikan, menyusul ketidak-lolosannya dalam ujian masuk perguruan tinggi.

Audisi pun digelar untuk mencari pengganti posisi Sunghae, yang akhirnya melahirkan nama Goo Hara dan Kang Jiyoung sebagai personil baru. Dua anggota baru ini dengan sukses memberi imej berbeda pada Kara, yang awalnya identik dengan karakter tangguh menjadi cantik tapi natural. Dengan anggota dan formasi terbaru, Kara merilis single berjudul "Rock U" (2008) yang kemudian dimuat dalam sebuah mini album self-titled, "Rock U" (2008). Lagu ini juga yang mereka bawakan di penampilan pertamanya bersama personil baru di "M! Countdown" pada 24 Juli 2008.

Kesuksesan yang diraih Kara semenjak bergabungnya Hara dan Jiyoung terus dimanfaatkan dengan merilis mini album kedua dan ketiga, "2nd Mini Album - Pretty Girl" (2008) dan "2nd Mini Album - Pretty Girl (Special Edition)" (2009). Single yang terdapat pada kedua mini album tersebut mendapat sambutan hangat oleh penikmat musik K-Pop di Korea Selatan, bahkan sampai ke Jepang.

Album kedua Kara yang diberi judul "Revolution" (2009) akhirnya resmi dirilis. Album ini mengusung beberapa single di antaranya "Same Heart" (2009) dan "Wanna" (2009) yang semakin melejitkan kepopuleran nama Kara sebagai girlband.

Kara hadir dalam mini album ketiganya dengan konsep yang telah ditingkatkan, "Lupin" (2010). Di tahun yang sama, mereka juga merilis mini album keempat yang berjudul "Jumping" (2010). Nama Kara yang begitu populer di Korea, membuat mereka juga merilis dua album untuk diedarkan khusus di negeri sakura Jepang. Album tersebut di antaranya "Girl's Talk" (2010) dan "Super Girl" (2011). Album "Super Girl" telah berhasil dinobatkan sebagai "Album Of The Year" versi "K-Pop Lovers! Awards 2011".

Kara merilis album studionya yang ketiga, "Step" (2011) dengan menjagokan single dengan judul yang sama. Lagu ini sudah menduduki peringkat pertama berbagai chart musik online di Korea Selatan setelah resmi dirilis selama hanya beberapa jam. Puncak kepopuleran Kara sepanjang tahun 2011 dapat dilihat dengan banyaknya penghargaan yang diraih, seperti "Hot Korean Wave Star" di ajang "M.net 20's Choice Awards" dan "Best Hallyu Star Award" di "Golden Disk Awards".

Kara juga menyumbangkan suaranya untuk menyanyikan beberapa lagu soundtrack, salah satunya di serial anime "Naruto" (2007), serial "Boys Over Flowers" (2009) dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, Kara juga menjadi brand ambassador di beberapa iklan, seperti di iklan produk bedak Thailand dan perusahaan elektronik.

Kara Lirik Lagu

Loading...