Gelombang Unjuk Rasa COVID-19 yang Menyebar ke Perbatasan Kanada Dikhawatirkan Ancam Rantai Pasokan
pixabay.com/Ilustrasi/niekverlaan
Dunia

Bank of Canada memperingatkan bahwa pengunjuk rasa yang terus memblokir penyeberangan perbatasan AS-Kanada hanya akan menambah kesengsaraan rantai pasokan yang ada.

WowKeren - Gelombang unjuk rasa yang memprotes kebijakan terkait pembatasan COVID-19 belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Bahkan rombongan massa yang tidak terima dengan kebijakan itu terus menyebar hingga ke perbatasan.

Bank of Canada pada Rabu (9/2) mengatakan bahwa pengunjuk rasa yang terus memblokir penyeberangan perbatasan AS-Kanada hanya akan menambah kesengsaraan rantai pasokan yang ada. Gubernur Bank of Canada of Canada Tiff Macklem memperingatkan dalam pidatonya bahwa Kanada telah mengalami kondisi rantai pasokan yang menegang.

"Jika ada penyumbatan berkepanjangan di titik masuk utama ke Kanada yang dapat mulai memiliki dampak terukur pada kegiatan ekonomi di Kanada," ujarnya. "Kami sudah memiliki rantai pasokan global yang tegang. Kami tidak membutuhkan ini. Sebagian besar pengemudi truk mencoba membawa barang masuk dan keluar dari Kanada."

Sejak Senin, para pengunjuk rasa yang menyerukan diakhirinya pembatasan COVID-19 telah memblokir lalu lintas yang menuju Kanada. Jembatan antara Port Huron, Michigan dan Ontario, adalah penyeberangan internasional tersibuk di Amerika Utara jika dilihat dari volumenya.


Amerika Serikat juga mengungkapkan kekhawatiran serupa. Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki di hari yang sama mengingatkan agar orang-orang memahami dampak serius jika terjadi penyumbatan tersebut. Tak hanya berdampak pada rantai pasokan, namun juga bisa menimbulkan gangguan ekspor pertanian.

"Kami juga memantau dengan sangat cermat dan terlibat dengan perusahaan otomotif mengenai dampak yang mungkin terjadi pada suku cadang mobil, yaitu apa yang akan datang dari Kanada dan dampaknya terhadap Amerika Serikat," kata Psaki. "Kami juga mencari dan melacak potensi gangguan untuk ekspor pertanian AS dari Michigan ke Kanada."

Gangguan pemblokiran jalan juga membuat kelompok industri di Kanada ketar-ketir. Hal itu mengingat perbatasan adalah arteri perdagangan yang penting.

"Ekonomi Kanada sedang terancam," kata sejumlah asosiasi logistik melalui surat. "Karena ribuan truk dan jutaan dolar dalam perdagangan lintas batas yang biasanya melewati titik masuk ini setiap hari sedang terganggu."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru