Sirkuit Mandalika Kotor dan Berbatu Dikeluhkan Pebalap MotoGP, Sandiaga Uno-Erick Thohir Bersinergi
Nasional

Pada gelaran tes pramusim MotoGP Mandalika sebelumnya, tak sedikit pebalap yang mengeluhkan tentang kondisi lintasan. Hal ini pun telah ditanggapi oleh Menparekraf Sandiaga Uno.

WowKeren - Tes pramusim MotoGP Mandalika telah selesai digelar pada 11 hingga 13 Februari lalu. Dalam gelaran tersebut, tak sedikit pebalap MotoGP yang menyoroti kondisi Sirkuit Mandalika.

Adapun yang dikeluhkan oleh pebalap MotoGP itu adalah terkait dengan kondisi Sirkuit Mandalika yang kotor dan berbatu. Bahkan akibat kerikil yang beterbangan, ada pebalap yang mengalami luka memar.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengungkapkan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Menteri BUMN Erick Thohir guna memastikan pembenahan lintasan sirkuit Internasional Mandalika usai digunakan tes pramusim beberapa waktu lalu. Pembenahan ini pun disebut akan selesai sebelum puncak balapan MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret mendatang.

"Kita akan koordinasi dengan Pak Menteri BUMN untuk memastikan PT PP (Persero) Tbk dan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) segera menyelesaikan pembenahan track (lintasan) sirkuit MotoGP, dan diharapkan resurfacing (untuk pengerasan jalan) selesai sebelum 11 Maret 2022," tutur Sandiaga kepada ANTARA, Rabu (16/2).


Menurut Sandiaga, pembenahan yang dilakukan harus memperhatikan keselamatan para pebalap. Ia lantas mengatakan tes pramusim MotoGP yang telah berlangsung itu bukan hanya menjadi ajang uji coba, melainkan juga untuk evaluasi pihak penyelenggara.

Meski demikian, kata Sandiaga, secara garis besar, pebalap menyatakan puas dengan kesiapan dan setting sirkuit baru Mandalika. Sementara itu, Komandan Lapangan Persiapan MotoGP Mandalika Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto mengakui bahwa akan adanya resurfacing aspal di beberapa titik Sirkuit Mandalika.

Hadi mengungkapkan di hari pertama uji coba, ditemukan banyak debu yang disebut dihasilkan dari deposit kotoran akibat sirkuit tersebut tidak digunakan beberapa bulan terakhir, setelah World Superbike (WSBK) dan akibat aktivitas konstruksi, namun masih dalam kondisi wajar. Ia pun mengatakan bahwa pihak Dorna Sports juga telah mengarahkan beberapa hal yang perlu dibenahi dari Sirkuit Mandalika.

Kemudian, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) diketahui telah bersepakat dengan Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna antara lain terkait resurfacing aspal di beberapa spot oleh PT. PP yang diperkirakan selesai satu pekan sebelum MotoGP pada 18 Maret 2022.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru