Koreografi Lagu Debut NMIXX 'O.O' Juga Diduga Plagiat, Ini Penjelasannya
Musik

Setelah konsep, visual MV dan desain kostum, lagu debut NMIXX 'O.O' juga diterpa isu plagiarisme. Simak penjelasan lengkapnya dalam berita WowKeren berikut ini.

WowKeren - Girl grup NMIXX resmi melakukan debutnya pada Selasa (22/2) lalu. Berlawanan dengan ekspektasi yang tinggi, reaksi publik terhadap debut grup besutan JYP Entertainment ini cukup beragam.

Tidak hanya kualitas lagu utama "O.O" yang dipertanyakan, NMIXX juga terlibat dalam kontroversi atas dugaan plagiarisme. Mulai dari konsep dan visual video klip yang terlihat mirip dengan MV "Illusion" milik ATEEZ. Bahkan kostum yang dikenakan para member disebut-sebut mirip dengan ide desainer asing FRISKMEGOOD.

Mirisnya, isu plagiarisme tidak berhenti di situ. Setelah penampilan dance pertama NMIXX untuk "O.O" di di "Weekly Idol" dirilis, beberapa netizen memperhatikan bahwa gerakan dance poin mereka terlihat mirip dengan gerakan dance viral "scorpion leg" oleh Xu Jiaqi THE9.


Koreografi Lagu Debut NMIXX \'O.O\' Juga Diduga Plagiat, Ini Penjelasannya

Source: YouTube

Gerakan "kaki kalajengking" Xu Jiaqi untuk lagu "LION" pernah menjadi dance challenge yang viral, terutama di TikTok. Karena "O.O" memiliki gerakan yang sama, beberapa netizen mulai mencurigai koreografer NMIXX menjiplak Xu Jiaqi.

Namun, para penggemar mulai membela NMIXX dengan mengatakan bahwa koreografi ini juga pernah dibawakan oleh Momo TWICE pada tahun 2018. Seperti yang bisa dilihat di bawah ini, Momo juga melakukan gerakan yang mirip dengan NMIXX dan Xi Jiaqi saat tampil di KBS Song Festival 2018.

Beberapa gerakan tarian yang mirip dengan satu sama lain bukanlah hal yang baru di K-Pop. Setiap pertunjukan memiliki ciri khasnya masing-masing yang membutuhkan usaha dan keterampilan senimannya. Kali ini, mungkin netizen terlalu keras pada NMIXX ketika berpikir bahwa ini adalah tindakan plagiarisme.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait