Ratu Elizabeth II Gelar Pertemuan Perdana dengan PM Kanada Sejak Dikonfirmasi Positif COVID-19
AFP/Steve Parsons
Dunia

Sebelum pulih pada minggu lalu, Ratu Elizabeth II menunda dua acara virtual karena mengalami gejala seperti flu. Namun dia tetap mengadakan audiensi mingguan dengan Boris Johnson.

WowKeren - Ratu Elizabeth II pada Senin (7/3) telah bertemu dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. Ini adalah pertemuan tatap muka pertamanya sejak dikonfirmasi positif COVID-19 dua minggu lalu.

Sebagaimana diketahui, Elizabeth II dinyatakan positif pada 20 Februari dan mengatakan pada saat itu dia mengalami "gejala seperti flu ringan." Dia pulih minggu lalu dan melakukan pertemuan virtual dengan diplomat asing sebelum bertemu dengan Trudeau.

Sang ratu mengenakan gaun lengan panjang dan kalung mutiara serta anting-anting. Ia tampak tersenyum dan menggenggam tangan Trudeau memberi salam di Kastil Windsor, sebagaimana terlihat pada sebuah foto yang dirilis oleh Istana Buckingham.

Dalam pertemuan itu, Trudeau berterima kasih pada Ratu "karena telah menjadi kekuatan penstabil selama pandemi dan mengucapkan selamat kepada Yang Mulia atas Platinum Jubilee-nya," kata kantor perdana menteri dalam sebuah pernyataan. Akhir pekan Jubilee pada bulan Juni akan menandai tahun ke-70 ratu di atas takhta.


"Perdana Menteri menyoroti bahwa Kanada akan merayakan Jubilee Platinum dan tujuh dekade pencapaian Kanada dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan sepanjang 2022," kata kantor Trudeau. "Dan mendukung proyek dan inisiatif komunitas di seluruh negeri."

Sebelum pulih pada minggu lalu, Ratu Elizabeth menunda dua acara virtual karena dia mengalami gejala seperti pilek. Namun dia tetap mengadakan audiensi mingguan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. Sebelum didiagnosis COVID-19, Elizabeth II telah menerima dua dosis vaksin dan suntikan booster.

Selama pandemi, Ratu telah berada di Kastil Windsor yang berjarak sekitar satu jam perjalanan dari Istana Buckingham di London. Tempat ini biasanya digunakan untuk menghabiskan waktu liburan akhir pekan namun sejak pandemi telah dijadikan sebagai kediaman permanen sang Ratu.

Sementara itu, Trudeau, juga bertemu dengan Johnson di hari yang sama untuk membicarakan tanggapan tentang perang Rusia-Ukraina. Trudeau dan Johnson juga sepakat untuk bekerja sama dalam masalah global lainnya, seperti pemulihan ekonomi dari pandemi serta penanganan dampak dari perubahan iklim.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait