Luhut Bawa Kabar Baik, Putra Mahkota Mohammed bin Salman Tertarik Gabung Proyek IKN
maritim.go.id
Nasional

Setelah kepergiannya ke Riyadh untuk menemui Pangeran Mohammed bin Salman, kini Menko Marives Luhut datang dengan membawa kabar gembira. Kabar tersebut lantas ia sampaikan ke Presiden Jokowi.

WowKeren - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Meno Marives) Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya diketahui telah mengunjungi Arab Saudi. Dalam kunjungan tersebut, Luhut juga bertemu dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Pangeran Mohammed bin Salman (MbS).

Pertemuan tersebut digadang-gadang untuk memperkuat kerja sama hubungan bilateral Riyadh-Jakarta, bahkan menjajaki peluang investasi. Salah satunya adalah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Luhut lantas menyampaikan hasil pertemuannya dengan Pangeran Mohammed bin Salman itu kepada Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat. Luhut mengatakan bahwa Pangeran Arab Saudi itu tertarik untuk bekerja sama dalam beberapa proyek, di antaranya pembangunan IKN, suplai minyak mentah untuk petrokimia, hingga mangrove dan terumbu karang.

"Juga tadi mereka masuk dalam sovereign wealth fund kita," ujar Luhut dalam keterangan resmi, Rabu (9/3). "Jadi PIF (The Public Investment Fund) mereka akan masuk di berbagai macam proyek. Nah tadi Presiden sudah memutuskan, tadi membentuk seperti task force untuk itu."


Lebih lanjut, Luhut mengatakan bahwa tim tersebut nantinya akan langsung bekerja dan berkomunikasi dengan pihak Arab Saudi. Selain itu, tim tersebut juga akan berangkat kembali ke Riyadh untuk melakukan perundingan-perundingan teknis dengan pihak negara sana.

Luhut berharap satu atau dua minggu setelah keberangkatan tim, pihak Riyadh akan datang ke Indonesia untuk nanti membicarakan teknis setiap proyek dan melihat potensi proyeknya. "Kita berharap nanti karena MBS menyampaikan ke saya beliau akan datang dua kali ke Indonesia tahun ini," jelas Luhut.

"Pertama sebelum G20 dan itu berharap akan nanti bisa tanda tangani semua item proyek itu dengan pemerintah Indonesia, dan kemudian kunjungan kedua beliau akan datang untuk menghadiri G20," lanjut Luhut.

Tidak hanya itu, Luhut bersama dengan Menteri BUMN Erick Thohir juga tampak mendampingi Jokowi menerima kedatangan mantan Perdana Menteri (PM) Inggris, Tony Blair. Luhut lantas memaparkan tujuan dari kehadiran Blair ke Indonesia.

Luhut menerangkan bahwa kehadiran Blair itu untuk membantu mengkomunikasikan banyak hal lantaran pihaknya juga merupakan utusan khusus dari Pemerintah Inggris untuk Timur Tengah. Dalam pertemuan tersebut juga menyinggung mengenai pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan Timur.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru