Thailand Akan Cabut Aturan Tes COVID-19 Pra-Perjalanan Mulai 1 April 2022
Dunia

Perlahan-lahan, banyak negara yang mulai melonggarkan aturan pembatasan COVID-19, termasuk juga untuk kedatangan wisatawan asing. Salah satu negara yang mulai melonggarkan aturan bagi turis asing adalah Thailand.

WowKeren - Saat ini, banyak negara di dunia yang mulai melonggarkan aturan pembatasan COVID-19. Seperti yang dilakukan oleh pemerintah Kanada, di mana mulai 1 April 2022 nanti, para pelancong yang sudah divaksin lengkap, akan dibebaskan tes COVID-19.

Kemudian, pada Jumat (18/3) hari ini, Pusat Administrasi Situasi COVID-19 Thailand diketahui memutuskan untuk menghentikan persyaratan tes COVID-19 bagi pelancong yang hendak ke negara tersebut. Adapun pencabutan aturan tes COVID-19 pra-perjalanan ini akan mulai berlaku pada 1 April 2022 mendatang.

Meski demikian, setibanya di Thailand, wisatawan masih tetap harus menjalani pemeriksaan tes COVID-19. Mengenai perubahan peraturan perjalanan tersebut, disampaikan oleh Juru Bicara CCSA Taweesilp Visanuyothin.

Taweesilp mengatakan bahwa persyaratan untuk tes pra-perjalanan akan berakhir bagi semua pengunjung, baik yang datang dengan "Test & Go", "Sandbox", maupun saluran karantina. Untuk wisatawan yang ke Thailand melalui program "Test & Go" atau "Sandbox", mereka akan diminta melakukan tes PCR saat tiba. Kemudian di hari kelima setelah kedatangan, wajib melakukan antigen sendiri yang dipantau oleh hotel mereka.


Kemudian, wisatawan program "Sandbox" juga akan tetap berada di area penerimaan mereka selama lima hari. Sementara untuk pelaku perjalanan dalam skema karantina, akan diisolasi selama lima hari dan menjalani tes RT-PCR pada hari keempat atau kelima setelah kedatangan.

Selanjutnya, Taweesilp mengatakan bahwa CCSA akan terus mewajibkan pengunjung untuk memiliki pertanggungan asuransi COVID-19 setidaknya senilai USD20 ribu atau setara Rp286,7 juta, namun kemungkinan akan menguranginya nanti. Mulai 1 April nanti, wisatawan juga bisa tiba melalui darat di Provinsi Satun di Selatan, selain Nong Khai, Udon Thani, dan Songkhla yang berlaku saat ini.

Sementara untuk kedatangan melalui jalur laut, kata Taweesilp, akan diizinkan melalui pelabuhan Surat Thani, selain dari Phuket dan Chon Buri saat ini. Untuk jalur udara, pembukaan kembali akan mencakup Bandara Hat Yai, di samping Bandara Suvarnabhumi, Don Mueang, Phuket, Krabi, Samui, Chiang Mai, dan U-tapao saat ini.

Dengan pembebasan tes COVID-19 pra-perjalanan, CCSA berharap bisa memperluas pembukaan kembali melalui udara ke semua bandara. Meski demikian, tetap bergantung pada kesiapan mereka di bulan Mei mendatang.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait