Black Box Pesawat China Eastern yang Jatuh di Tiongkok Ditemukan, Misteri Kecelakaan Bisa Terungkap?
Dunia

Sebagai informasi, penerbangan China Eastern MU5735 rute Kunming-Guangzhou yang tengah mengangkut 132 orang dilaporkan jatuh pada Senin (21/3) lalu. Sebagian besar pesawat tampaknya telah hancur akibat benturan.

WowKeren - Satu dari dua black box pesawat China Eastern yang jatuh di pegunungan Tiongkok pekan ini telah ditemukan pada Rabu (23/3). Menurut seorang pejabat Administrasi Penerbangan Sipil Tiongkok (CAAC), perangkat tersebut rusak parah dan masih belum jelas apakah black box yang ditemukan merupakan perekam data penerbangan atau perekam suara kokpit.

Sebagai informasi, penerbangan China Eastern MU5735 rute Kunming-Guangzhou yang tengah mengangkut 132 orang dilaporkan jatuh pada Senin (21/3) lalu. Sebagian besar pesawat tampaknya telah hancur akibat benturan.

"Kami menemukan kotak hitam di tempat kejadian tetapi kotak hitam ini telah rusak parah di bagian luar, sehingga tim investigasi di garis depan masih memastikan apakah itu perekam data penerbangan atau perekam suara kokpit," papar Kepala Investigasi Pesawat di CAAC, Mao Yanfeng.

Adapun penyebab kecelakaan pesawat tersebut masih belum ditentukan. Menurut Mao, cuaca di sepanjang jalur penerbangan pada hari Senin tidak menimbulkan bahaya bagi pesawat. Pengontrol udara juga disebut telah menjaga komunikasi dengan pesawat tersebut setelah lepas landas dan sebelum terjatuh dengan cepat.

Menurut pihak otoritas, pesawat Boeing 737-800 tersebut telah memenuhi standar kelaikan udara sebelum lepas landas. Tiga pilot yang mengoperasikan pesawat tersebut juga disebut dalam keadaan sehat.


Sang kapten direkrut pada Januari 2018 dan memiliki total pengalaman terbang 6.709 jam. Sedangkan Co-pilot pertama dan kedua masing-masing memiliki totak pengalaman 31.769 jam dan 556 jam

"Dari yang kami ketahui, kinerja ketiga pilot itu baik dan kehidupan keluarga mereka relatif harmonis," ungkap seorang pejabat China Eastern.

Di sisi lain, hujan lebat yang turun pada Rabu hari ini menghambat pencarian korban dan black box penerbangan. Menurut prakiraan cuaca, hujan akan berlangsung selama sisa minggu ini.

Para kerabat korban kecelakaan tersebut turut mengunjungi lokasi kejadian. Salah satunya adalah seorang pria bermarga Zhang asal Shenzhen yang kehilangan keponakannya dalam kecelakaan tersebut.

"Saya harap negara dapat menyelidiki masalah ini secara menyeluruh dan mencari tahu apakah itu kesalahan pabrikan atau masalah pemeliharaan," ujar Zhang kepada Reuters.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru