Ada 4 Dasar Menuju Endemi, Indonesia Hampir Penuhi 1 Indikator Berkat Ini
Nasional
COVID-19 di Indonesia

Pemerintah Indonesia saat ini diketahui tengah mempersiapkan untuk beralih status dari pandemi COVID-19 ke endemi. Sejumlah negara di dunia juga melakukan hal yang sama.

WowKeren - Sejumlah negara di dunia yang dilanda pandemi COVID-19 saat ini berangsur-angsur berupaya untuk beralih status ke endemi. Adapun beralihnya status ke endemi ini diiringi dengan angka penularan COVID-19 yang menurun.

Di Indonesia, belakangan angka kasus COVID-19 sudah menunjukkan penurunan. Pemerintah pun telah melonggarkan sejumlah pembatasan COVID-19.

Sementara itu, terkait dengan usulan konsep kriteria dan indikator pandemi COVID-19 menjadi endemi, kata Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marives) Luhut Binsar Pandjaitan sebelumnya, dari waktu ke waktu masih terus akan disempurnakan dengan para pakar dan ahli di bidangnya.

Adapun untuk mencapai endemi itu utamanya adalah harus menggencarkan vaksinasi dosis kedua dan booster khususnya bagi para lansia. Menurutnya, pemerintah akan terus mendorong dan meminta bantuan kepada pemda beserta jajarannya untuk terus aktif mensosialisasikan dan memaksimalkan jumlah vaksin booster bagi mereka yang telah memiliki tiket vaksin ketiga.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan bahwa setidaknya ada empat kriteria indikator atau prasyarat agar Indonesia dapat segera beralih ke endemi. Pertama, tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi.



Kemudian, tingkat kasus COVID-19 yang rendah berdasarkan indikator Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Ketiga, kapasitas respons fasilitas kesehatan yang memadai. Terakhir, menggunakan surveilans aktif.

Menurut Luhut, untuk bisa mencapai endemi, prakondisi dengan empat indikator tersebut harus terjadi dalam rentang waktu yang cukup panjang dan sudah stabil ataupun konsisten.

Sementara itu, Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Dokter Reisa Broto Asmoro menuturkan bahwa reproduksi rate atau angka reproduksi Virus SAR-Cov-2 di Indonesia mendekati satu. Hal ini disebut mendekati salah satu indikator demi endemi.

"Jadi kita harapkan semoga keadaan makin terus membaik, satu demi satu memenuhi indikator tadi," ujar Reisa dalam keterangannya, dilihat dari Tribunnews.com, Selasa (29/3).

Reisa lantas mengungkapkan bahwa terjadi tren penurunan kasus positif COVID-19 di Indonesia, dan kondisi menjadi semakin baik. Meski masih ada kasus COVID-19, namun menurutnya hal ini diikuti dengan semakin banyaknya jumlah pasien yang sembuh.

(wk/tiar)


You can share this post!


Related Posts