Presiden AS Tertua, Joe Biden Terima Suntikan Dosis Keempat Vaksin COVID-19
Dunia

Terlepas dari tindakan pencegahan yang ketat di Gedung Putih, beberapa orang yang berinteraksi dengan Biden baru-baru ini dinyatakan positif terpapar COVID-19. Hal ini meningkatkan kekhawatiran akan kesehatan Biden.

WowKeren - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah menerima booster Vaksin COVID-19 keduanya pada Rabu (30/3). Biden mendapatkan suntikan Vaksin Pfizer sebagai dosis keempatnya.

"Ini tidak sakit sama sekali," ujar Biden kala anggota tim medis Gedung Putih menyuntiknya.

Sang Presiden lantas mendesak warga AS untuk terus waspada sembari menyatakan bahwa pandemi COVID-19 sudah tak lagi mendominasi negara mereka. Sebelum menerima suntikan dosis keempatnya, Biden sempat menyatakan bahwa AS semakin meninggalkan pandemi di belakang mereka meski kasus-kasus positif saat ini mengalami kenaikan.

"Kita kini berada di momen baru dalam pandemi. Ini bukan berarti COVID-19 sudah berakhir," tuturnya. "Ini berarti COVID-19 sudah tak lagi mengontrol kehidupan kita.


Biden yang kini telah berusia 79 tahun merupakan Presiden tertua dalam sejarah AS. Terlepas dari tindakan pencegahan yang ketat di Gedung Putih, beberapa orang yang berinteraksi dengannya atau dekat dengannya baru-baru ini dinyatakan positif terpapar COVID-19. Hal ini meningkatkan kekhawatiran akan kesehatan Biden.

Sang Presiden lantas menerima suntikan booster kedua sehari setelah regulator mengesahkan dosis keempat vaksin Pfizer- BioNTech atau Moderna COVID-19 untuk orang berusia 50 tahun ke atas. Izin ini diterbitkan usai pihak otoritas memperingatkan kemungkinan gelombang baru yang didorong oleh varian BA.2.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) mengatakan keputusannya didasarkan pada bukti yang muncul bahwa booster tambahan, yang diberikan empat bulan setelah yang terakhir, meningkatkan perlindungan terhadap COVID yang parah. Booster kedua juga disebut tidak terkait dengan masalah keamanan baru.

Sebagai informasi, dua juru bicara Biden baru-baru ini dinyatakan positif COVID-19. Yakni Jen Psaki, yang akhirnya membatalkan rencana perjalanannya ke Eropa dengan presiden; serta wakil Psaki, Karine Jean-Pierre, yang dites positif tepat setelah perjalanan profil tinggi.

Menurut Gedung Putih, Sang Presiden tidak dalam bahaya dalam kedua kasus tersebut. Pasalnya, Biden telah divaksinasi dan menerima booster.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait