Dari 'Business Proposal' Hingga 'Thirty-Nine' Dkk, Ini Alasan Rumah Produksi Bikin Drama 12 Eps
Instagram
TV

OTT seperti Netflix, Watcha, Disney+, dan Apple TV telah membuat konten yang diproduksi sendiri selain menyajikan konten yang sudah ada dengan durasi episode yang cukup pendek.

WowKeren - Mungkin sebelumnya sejarah panjang miniseri lebih dikenal di Amerika Serikat dan Jepang yang umumnya memiliki 10 hingga 12 episode, tetapi di Korea, distandarisasi menjadi 16 episode. Ini adalah kebiasaan yang telah berlangsung sejak 1990-an, dan menjadi metode yang terjadi ketika penyiar bergantung pada iklan TV untuk struktur pendapatan mereka.

Namun, karena lingkungan produksi drama dan struktur laba berubah, strategi pemrograman juga berubah. Fakta bahwa dibutuhkan setidaknya enam bulan hingga maksimal satu tahun untuk menghasilkan miniseri 16 episode karena sistem minggu kerja 52 jam juga memengaruhi preferensi untuk episode pendek. Berkat ini, miniseri 8 hingga 12 episode telah muncul di layar kecil dalam beberapa tahun terakhir.

Platform OTT menjadi titik awal penyebaran drama yang berdurasi lebih pendek dari miniseri 16 episode. OTT seperti Netflix, Watcha, Disney+, dan Apple TV telah membuat konten yang diproduksi sendiri selain menyajikan konten yang sudah ada. "Sweet Home", "Kingdom", "Ekstrakurikuler", Watcha "Damn Good Company", "Semantic Error", "Work Later, Drink Now" dan "Grid" diproduksi dan disediakan dalam 5-12 episode . Karya-karya ini diterima dengan baik karena komposisinya yang solid dan cerita yang terorganisir dengan baik.


Ketika layanan OTT menyebar, pemirsa domestik menemukan berbagai konten dan menjadi terbiasa dengan serial pendek yang unik. Dengan demikian, penyiar terestrial dan kabel domestik juga secara aktif memproduksi dan memprogram drama jangka pendek. Tahun lalu saja, “Navillera” tvN, “Youth of May” KBS 2TV, “The Veil” MBC, “Inspector Koo” JTBC, “Bad and Crazy” tvN ditayangkan, sementara “Through the Darkness” SBS, “Thirty-Nine“ JTBC, “Business Proposal” SBS dipresentasikan kepada pemirsa tahun ini. Sebagian besar dari mereka dipuji karena peringkat di atas rata-rata dan kualitas sinematik.

"Pemirsa tampaknya akrab dengan drama OTT, jadi konten jangka pendek adalah bagian dari tren akhir-akhir ini. Pindah ke format yang akrab dengan konsumen adalah prosedur alami," kata “Business Proposal” CP Lee Ok Kyu. "Di masa lalu, penulis biasa menulis dalam format tetap 16 episode, tetapi sekarang lingkungan telah berubah dan materi pelajaran menjadi jauh lebih beragam, sehingga volume tampaknya ditentukan berdasarkan 'cara menceritakan dan menyelesaikan cerita ke membuatnya menyenangkan'. Akan ada lebih banyak drama dengan episode yang lebih pendek di masa depan."

Selain itu, ketika drama dalam negeri menyebar ke luar negeri melalui OTT, menjadi lebih penting untuk fokus pada kualitas konten daripada meningkatkan jumlah yang tidak berarti. "Jika kalian melakukan drama 12 episode, masalah mengisi waktu layar akan hilang, sehingga Anda dapat fokus pada narasi karakter utama. Tampaknya akan ada drama dengan berbagai episode di masa depan. Drama keluarga yang sesuai dengan emosi kita akan mempertahankan durasi aslinya, tetapi drama yang berfokus pada genre atau narasi karakter utama akan muncul dengan episode yang lebih sedikit," ungkap EP “Thirty-Nine” Kim Se Ah.

Sementara itu kritikus Jung Deok Hyun berbagi, "Kuantitas tidak lagi menjadi faktor penentu. Peraturan bahwa miniseri harus sekitar 16 sampai 20 episode tidak ada artinya. Penyiar terestrial masih memiliki kerangka 16 episode, tetapi mereka menjadi lebih fleksibel. Di bawah pengaruh konten OTT, penonton juga akan terbiasa dengan pola drama pendek, dan mereka akan menginginkan karya yang lebih padat. Di masa depan, konten dengan episode pendek diharapkan akan mengalir."

(wk/aiss)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru