Sempat Viral Gegara Childfree, Gita Savitri Kembali Dikritik Usai Bagi Pendapat Soal TikTokers Popo
Instagram/gitasav
Selebriti

Gita Savitri kembali menuai kritikan usai mengeluarkan pendapat terkait kasus seleb TikTok Popo Barbie masuk ke toilet wanita. Gita membahas soal perbedaan gender dan sex.

WowKeren - Seleb Tiktok Popo Barbie kembali menuai banyak kecaman dari netizen. Pasalnya, salah satu video viralnya mematik emosi dan dinilai sudah melewati batas.

Dalam video itu, Popo Barbie yang diketahui berjenis kelamin laki-laki tulen ini berdandan cantik dan masuk ke dalam toilet wanita. Publik pun menilai sikap Popo sudah keterlaluan dan melanggar aturan sampai dibanding-bandingkan dengan attitude Lucinta Luna.

Namun berbeda dari publik, Gita Savitri Devi justru memiliki pendapat lain terkait sikap Popo. Gita Savitri mengungkapkan bahwa tidak ada salahnya jika Popo adalah seorang transpuan untuk masuk ke dalam toilet wanita. Gita pun memberikan contoh kamar mandi campur yang ada di Jerman.

"Kak gitt please speak up soal popo yang masuk ke toilet perempuan di TikTok," kata salah satu netizen kepada Gita. "Kalo dia transpuan, berarti bener dongg masuk toiletnya. Di Jerman juga di public places gitu sudah banyak toilet yang campur gitu jadi satu toilet untuk semua," balas Gita Savitri di Instagram Story.

Pernyataan Gita Savitri ini diduga mendapat protes dari netizen. Hal ini lantaran Gita kembali membahas soal Popo yang bukan merupakan seorang transpuan. Popo memang diketahui belum sepenuhnya mengganti alat kelaminnya.

Sempat Viral Gegara Childfree, Gita Savitri Kembali Dikritik Usai Bagi Pendapat Soal TikTokers Popo

Twitter


"Banyak yang merespons bahwa si Popo bukan transpuan, karena dia 'belum jadi cewek'. I don't know who this (aku tidak tahu siapa) Popo," ungkap Gita Savitri.

Sempat Viral Gegara Childfree, Gita Savitri Kembali Dikritik Usai Bagi Pendapat Soal TikTokers Popo

Twitter

Terlepas dari itu, Gita lantas membahas soal perbedaan gender dengan sex. Ia juga melampirkan tangkapan layar yang mengungkapkan bahwa kedua hal itu berbeda.

Sebagai informasi, gender adalah perbedaan peran, fungsi, dan tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan yang merupakan hasil konstruksi sosial dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan jaman. Pengertian seks adalah perbedaan jenis kelamin yang ditentukan secara biologis.

"Yang perlu kita mengerti adalah gender tidak sama dengan sex. Setau gw seseorang bisa identify as trans (diidentifikasi sebagai trans) kalo dia merasa gender dia tidak sesuai dengan sex-nya. Gak mesti ganti alat kelamin dulu.." tutur Gita Savitri.

Pernyataan Gita ini pun langsung mendapat kritikan dari netizen, khususnya warga Twitter. "Lagi dan lagi meresahkan," komentar salah satu netter. "Pdhl dlu seneng bgt sm gitasav, tp semakin ksini dia kynya kelewat open minded smpe bgini parahnya," kata netter lain.

(wk/dess)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait