Bijak Bermedia Sosial, Berikut 7 Tips Mudah untuk Menghindari Pelecehan Seksual di Dunia Maya
Pexels/Yan Krukov
SerbaSerbi

Seiring dengan banyaknya pelecehan seksual yang terjadi di dunia maya, tim WowKeren telah merangkum beberapa tips untuk menghindari kejahatan tersebut. Berikut informasi lengkapnya.

WowKeren - Pelecehan seksual di dunia maya merupakan salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi. Meski tidak terjadi secara langsung, pelecehan seksual jenis ini bisa membuat para korban tidak nyaman hingga trauma berkepanjangan.

Dalam artikel sebelumnya, WowKeren telah merangkum beberapa jenis pelecehan seksual yang kerap terjadi di dunia maya. Di antaranya adalah spamming komentar tidak pantas, pelecehan visual hingga ancaman online berbau seksual.


Pada akhirnya ini menjadi isu serius yang patut diperhatikan, terutama karena intensitasnya semakin meningkat dari hari ke hari. Di samping itu, masih banyak wanita yang memilih bungkam karena malu atau segan menceritakannya pada orang lain.

Oleh sebab itu, penting untuk berhati-hati saat berinteraksi dengan orang lain di media sosial dan mengambil sejumlah langkah preventif untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual. Berkaitan dengan hal ini, tim WowKeren telah merangkum sejumlah tips menghindari pelecehan di dunia maya yang bisa kalian terapkan sekarang juga. Apa saja itu?

(wk/eval)

1. Pahami Space dan Budaya Platform


Pahami Space dan Budaya Platform
Pexels/Uriel Mont

Prof Rachmah Ida selaku Pakar Kajian Media Studies Universitas Airlangga (UNAIR) pernah memberikan beberapa tips untuk menghindari pelecehan seksual di dunia maya. Pertama, pengguna internet harus bisa mengenali space dan budaya platform.

Ini berarti kita dituntut untuk memahami aturan privasi dan keamanan dari suatu platform. Sebab jika sudah menyetujui term of reference dan disclaimer-nya, kita akan terikat dengan hukum yang dibuat oleh perusahaan pembuatnya.

2. Ingat, Dunia Maya Berbeda dengan Dunia Nyata!


Ingat, Dunia Maya Berbeda dengan Dunia Nyata!
Pexels/cottonbro

Meski berbagai hal di dunia maya terlihat sangat realistis, perlu diingat bahwa dunia maya berbeda dengan dunia nyata. Menurut Ida, setiap media memiliki budayanya sendiri-sendiri, begitupun dengan realita dan virtual yang mempunyai perbedaan budaya.

Ia juga mengungkapkan bahwa salah satu pemicu terjadinya kejahatan di dunia maya adalah karena kelalaian pengguna yang tidak dapat membedakan realita dan dunia maya. Oleh sebab itu, setiap pengguna internet wajib membekali dirinya dengan pengetahuan dan kehati-hatian agar senantiasa terhindar dari pelecehan digital.

3. Hindari Situs yang Bisa Memancing Cyber Harassment


Hindari Situs yang Bisa Memancing Cyber Harassment
Pexels/Sora Shimazaki

Tips berikutnya yang bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual di dunia maya adalah dengan menghindari berbagai situs yang bisa memancing cyber harassment. Tips satu ini sesuai dengan pepatah lama "Lebih baik mencegah daripada mengobati."

Dengan menghindari atau memblokir situs dan konten yang tidak pantas, kamu bisa menutup kesempatan bagi orang lain untuk mengunggahnya. Alhasil, risiko menjadi korban kejahatan seksual di dunia maya pun dapat diminimalisir.

4. Jangan Jadikan Media Sosial sebagai 'Buku Harian'


Jangan Jadikan Media Sosial sebagai 'Buku Harian'
Pixabay/Firmbee

Dewasa ini, ada banyak orang yang menjadikan media sosial sebagai "buku harian". Misalnya dengan melakukan pembaruan status dan mengungkap berbagai cerita yang bersifat pribadi secara terbuka di jejaring sosial.

Meski terkesan sepele, tindakan ini bisa membuka peluang bagi pelaku kejahatan seksual untuk melancarkan aksinya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan media sosial sewajarnya saja tanpa membagikan detail tentang kehidupan pribadimu ya! Tapi jika kamu benar-benar ingin membagikan sesuatu yang bersifat pribadi, lebih baik kirim langsung kepada orang yang kamu maksud.

5. Beli Domain dengan Nama Anak-Anak


Beli Domain dengan Nama Anak-Anak
Pexels/cottonbro

Pembahasan berikutnya berkaitan dengan domain, yaitu sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer. Domain berfungsi sebagai identitas dari sebuah server website agar pengguna tidak salah alamat saat mengunjunginya.

Membeli domain dengan nama anak-anak juga mencari cara jitu lainnya untuk mencegah pelecehan seksual di dunia maya. Jika tertarik dengan hal ini, kamu bisa membelinya dengan harga yang relatif murah dari berbagai situs seperti GoDaddy.

6. Kenali Lingkup Komunitas Online


Kenali Lingkup Komunitas Online
Pexels/ANTONI SHKRABA

Mengenali lingkup komunitas online adalah cara lain yang bisa kita lakukan untuk menghindari pelecehan seksual di dunia maya. Perlu diketahui bahwa dunia maya juga memiliki daerah-daerah yang ditempati oleh komunitas tertentu, seperti yang ada di dunia nyata.

Agar terhindar dari kejahatan seksual di dunia maya, ada baiknya untuk memperhatikan dan memiliki pengetahuan khusus jika ingin menjelajah di dalamnya. Dengan mengetahui karakteristik tempat yang biasa kita eksplor, kita akan bisa menjaga diri dengan lebih baik.

7. Manfaatkan Fitur Google Alerts


Manfaatkan Fitur Google Alerts
Pexels/Philipp Pistis

Tips terakhir yang bisa kalian lakukan untuk menghindari pelecehan seksual di dunia maya adalah dengan memanfaatkan fitur Google Alerts. Sesuai dengan namanya, Google Alerts adalah layanan pemberitahuan surel yang akan mengirim notifikasi tentang halaman web atau berita terbaru sesuai pilihan penggunanya.

Demikian beberapa tips penting yang bisa kalian lakukan untuk menghindari pelecehan seksual di dunia maya. Jika kalian mengalaminya, ada baiknya untuk mengungkap dan melaporkan kasus tersebut ke pihak yang berwajib untuk membuat si pelaku jera. Dengan begitu, kalian bisa membantu mencegah munculnya korban-korban lain.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru