Birthday Spotlight: Happy Sunmi Day
Singles
Selebriti
Birthday Spotlight

Sunmi memulai debutnya pada 2007 sebagai member Wonder Girls. Simak perjalanan karier penyanyi cantim tersebut dari pra debut hingga proyek masa depannya berikut ini.

WowKeren - Sunmi baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-30 pada 2 Mei lalu. Seperti biasanya, WowKeren akan mengulas tuntas karier penyanyi cantik ini melalui rubrik Birthday Spotlight.

Sunmi memulai debutnya pada 2007 sebagai member Wonder Girls dan meninggalkan grup tersebut tiga tahun kemudian untuk melanjutkan studinya. Setelah tiga tahun hiatus, Sunmi melanjutkan karirnya sebagai solois.



Sunmi meninggalkan JYP Entertainment dan bergabung dengan Makeus Entertainment (sekarang dikenal sebagai Abyss Company), merilis single hit "Gashina."

Berkat "Gashina," Sunmi semakin dikenal sebagai penyanyi solo. Simak perjalanan karier Sunmi dari pra debut hingga proyek masa depannya berikut ini.

(wk/chus)

1. Pra Debut


Pra Debut

Sunmi lahir pada 2 Mei 1992, di Iksan, Jeolla Utara, Korea Selatan. Dia bersekolah di SD Hwangnam, SMP dan SMA Chungdam. Dia kemudian mengambil jurusan teater musikal di Universitas Dongguk.

Sunmi mengungkapkan bahwa dia pertama kali memutuskan untuk menjadi selebriti ketika berusia 12 tahun setelah ayahnya dirawat di rumah sakit karena komplikasi tuberkulosis paru.

Sunmi terinspirasi oleh BoA, yang memulai debutnya pada usia 13 tahun. Menurutnya, itu merupakan cara tercepat untuk menghasilkan uang untuk merawat ibu dan dua adik laki-lakinya.

Sunmi kemudian pergi ke Seoul untuk mengikuti audisi dan menjadi trainee JYP Entertainment pada usia 14. Ayahnya meninggal tiga bulan sebelum debutnya dengan Wonder Girls.

2. Debut


Debut

Sunmi diperkenalkan sebagai member keempat Wonder Girls pada Mei 2006. Grup ini memulai debutnya dengan singel "Irony," pada 10 Februari 2007, dan dengan cepat menjadi terkenal dengan hits mereka "Tell Me", "So Hot" dan "Nobody" dalam waktu dua tahun setelah debut.

Kemudian pada Januari 2010, JYP mengumumkan bahwa Sunmi akan menunda karier musiknya untuk melanjutkan studinya, tetapi akan berlanjut hingga Februari untuk menyelesaikan acara yang dijadwalkan.

Pada 13 Januari 2012, JYP menyatakan bahwa tidak ada rencana Sunmi comeback sebagai Wonder Girls. Setelah itu, Sunmi aktif sebagai penyanyi solo.

3. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Sunmi memulai debutnya sebagai artis solo pada Agustus 2013. Single debutnya "24 Hours" dirilis pada 26 Agustus 2013, dan kemudian mencapai all-kill di tangga musik.

Pada 24 Juni 2015, JYP Entertainment mengumumkan bahwa Sunmi akan bergabung kembali dengan Wonder Girls, setelah mengundurkan diri pada 2010, untuk comeback mereka setelah dua tahun hiatus grup. Grup kembali dengan konsep band, dengan Sunmi memainkan bass.

Namun pada Januari 2017, diumumkan bahwa Wonder Girls akan bubar setelah negosiasi perpanjangan kontrak yang gagal dengan Yeeun dan Sunmi. Grup ini merilis single terakhir mereka "Draw Me" pada 10 Februari 2017 yang juga menjadi perayaan ulang tahun kesepuluh mereka.

4. Puncak Karier


Puncak Karier

Sunmi menandatangani kontrak dengan Makeus Entertainment pada Maret 2017. Dia merilis single "Gashina" pada Agustus, diproduksi oleh Teddy Park dari The Black Label, dan mencapai puncak kariernya dengan lagu ini.

"Gashina" debut di nomor 2 di Gaon Digital Chart sebelum menduduki puncak tangga lagu pada minggu berikutnya, dan dinobatkan sebagai lagu k-pop terbaik ketiga tahun 2017 oleh Billboard.

Puncak karier Sunmi berlajut dengan single berjudul "Heroine" yang pada 18 Januari 2018. Dia menggambarkan single tersebut sebagai prekuel dari "Gashina". Dia juga merilis "Siren" yang menerima all-kill di enam chart musik lokal.

5. Kontroversi


Kontroversi

Sunmi menuai kontroversi karena video TikTok yang menampilkan dirinya menari mengikuti "DDU-DU DDU-DU" BLACK PINK diikuti oleh Tunak Tunak Tun Daler Mehndi.

Menurut banyak pengguna Twitter, Sunmi dan yang lain mulai menggelengkan kepala, yang merupakan cara mengejek budaya India. Fans m meminta Sunmi untuk meminta maaf atas video yang segera dihapus.

Baru-baru ini, Sunmi kembali tersandung kontroversi ketika dia dan labelnya Abyss Company berencana merilis proyek token non-fungible (NFT) baru mereka "Sunmiya Club."

Penggemar mengkritik keputusan Sunmi dan agensinya dengan mengutip potensi dampak negatif aset digital terhadap lingkungan. Penggemar juga menuduh bahwa mereka yang membeli NFT adalah investor yang mencari keuntungan.

Abyss Company membagikan pernyataan di Twitter meminta maaf karena tidak mengumumkan rencana NFT mereka sebelumnya. Sunmi juga membagikan postingan pribadi di Weverse sebagai tanggapan atas reaksi yang dia terima dari proyek tersebut.

Fans menyatakan kekecewaan mereka terhadap tanggapan Abyss dan Sunmi. Seorang pengguna Twitter menulis bahwa mereka berharap agensi untuk fokus pada Sunmi dan penggemarnya.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Sunmi baru-baru ini merilis Single Spotify berjudul "Oh Sorry Ya." Lagu yang telah dirilis pada 8 Maret ini untuk memperingati Hari Perempuan Internasional.

Pada 26 April lalu, Sunmi kembali ke Korea setelah melakukan kunjungan pribadi ke Amerika Serikat. Tidak diketahui apa tujuan Sunmi berkunjung ke AS. Namun penggemar berharap itu untuk keperluan coemback.

Hingga kini Sunmi belum mengumumkan rencana comeback di dunia musik. Kita tunggu saja kabar baik dari Sunmi.



You can share this post!


Related Posts