Dampak Doxing bagi Korban
Pexels/Pixabay
SerbaSerbi

Doxing merupakan salah satu serangan digital yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Lantas, apa itu doxing, seperti apa dampaknya dan bagaimana cara mengenalinya?

WowKeren - Selain menimbulkan kerugian, Doxing juga memiliki sejumlah dampak mengerikan bagi korbannya. Pertama, korban doxing harus menanggung malu dan mendapat penghinaan secara konstan dari publik. Mereka juga akan menjadi objek perisakan dan sasaran teror, termasuk dari orang-orang yang tidak dikenalnya.

Dampak berikutnya yang sering dialami korban doxing adalah cyberstalking dan physical stalking. Ketika data pribadi seseorang tersebar, orang lain yang menaruh minat pada hal itu akan melakukan penguntitan dunia maya untuk mengorek berbagai informasi tentang korban. Dalam kasus terburuk, korban doxing akan benar-benar dibuntuti di dunia nyata.

Berikutnya, korban doxing berisiko mengalami pencurian identitas maupun penipuan secara finansial. Identitas kita berisiko dicuri oleh orang tak bertanggung jawab untuk tujuan tertentu jika kita menuliskan terlalu banyak informasi pribadi di media sosial. Selain itu, mereka juga bisa menggunakan identitas kita untuk melakukan penipuan berbasis digital.

Ketika data pribadi tersebar secara luas, para korban berisiko mengalami kecemasan dan stres berkepanjangan. Jika hal ini terus terjadi, rasa percaya diri mereka akan semakin menurun dari hari ke hari.

Selain itu, doxing juga dapat menyebabkan rusaknya reputasi seseorang, terlebih jika informasi yang beredar tentangnya palsu. Alhasil, korban doxing dapat mengalami kerugian secara sosial maupun finansial.

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait