Jenis-Jenis Doxing
Pexels/Tima Miroshnichenko
SerbaSerbi

Doxing merupakan salah satu serangan digital yang paling banyak dilakukan di Indonesia. Lantas, apa itu doxing, seperti apa dampaknya dan bagaimana cara mengenalinya?

WowKeren - Ada tiga jenis doxing yang patut kita kenali yaitu deanonimisasi, penargetan dan deligitimasi. Ketiganya menggunakan metode yang berbeda meski memiliki tujuan yang sama.

Doxing deanonimisasi adalah pengungkapan identitas seseorang yang sengaja menganonimkan diri atau tidak menggunakan nama asli. Contohnya, pelaku akan membongkar akun media sosial target anonim untuk mengungkap identitas aslinya. Hal ini tentu saja akan melanggar privasi korban yang mungkin saja memiliki alasan khusus untuk menganonimkan dirinya.

Jenis doxing kedua adalah penargetan. Doxing jenis ini dilakukan dengan cara menyebarkan informasi spesifik tentang seseorang seperti nomor telepon, alamat rumah, nomor KTP hingga hal-hal pribadi lainnya. Perilaku ini bukan tindakan acak, namun sengaja dilakukan untuk menyerang target.

Pengungkapan ini kerap dilakukan oleh oknum debt collector yang sengaja mempermalukan nasabahnya. Mereka juga akan menggunakan berbagai metode seperti media sosial, sumber berita hingga berbagai situs internet.

Jenis doxing terakhir yakni deligitimasi adalah pengungkapan informasi yang bersifat sensitif atau intim tentang seseorang. Karena sifatnya yang sangat pribadi dan tidak banyak yang tahu, doxing ini biasanya bertujuan untuk merusak reputasi atau kredibilitas korban. Karena itulah doxing deligitimasi sangat melanggar privasi para korban.

Demikian penjelasan mengenai doxing, dampak beserta jenisnya yang patut untuk diketahui. Dalam artikel berikutnya, WowKeren akan memberikan informasi tentang cara mencegah terjadinya doxing yang bisa kalian lakukan dengan mudah. Stay tune ya!

(wk/eval)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait