TWICE dan SEVENTEEN Membernya Utuh, Siapa Grup Debutan 2015 yang Bakal Atasi 'Kutukan 7 Tahun'?
Selebriti

2022 adalah musim bagi grup idol untuk memperbarui kontrak mereka, terutama yang debut pada tahun 2015. Hal ini sesuai dengan kontrak standar yang ditetapkan oleh Komisi Perdagangan yang Adil.

WowKeren - Di antara 12 grup K-pop, termasuk TWICE, MONSTA X, OH MY GIRL dan banyak lagi yang debut pada tahun 2015, siapa yang akan berhasil mengatasi "Kutukan 7 Tahun" di K-pop. Saat ini, tak banyak grup yang membernya masih utuh di antara grup debutan 2015.

2022 adalah musim bagi grup idol untuk memperbarui kontrak mereka, terutama yang debut pada tahun 2015. Hal ini sesuai dengan kontrak standar yang ditetapkan oleh Komisi Perdagangan yang Adil, yang menyatakan bahwa grup idol akan bergerak bersama dengan kontrak eksklusif tujuh tahun paling banyak.

Akibatnya, ini juga disebut "kutukan tujuh tahun", waktu penting untuk menentukan kelangsungan hidup sebuah grup. Berbeda dengan fandom yang menjamin kelangsungan hidup grup, beberapa grup kecewa dengan pengungkapan apakah mereka akan memperbarui kontrak mereka.

Pada 9 Mei, Jiho OH MY GIRL mengumumkan berakhirnya kontraknya dengan WM Entertainment dan pada saat yang sama, pengunduran dirinya sebagai member grup. Akibatnya, OH MY GIRL akan ditata ulang menjadi grup beranggotakan enam orang dan melanjutkan aktivitasnya.

DAY6 juga mengalami dilema yang sama, di mana Jae mengumumkan pemutusan kontrak dengan JYP dan keluar dari band pada Januari 2022. DIA (II) yang akan memperbarui pembaruan kontrak mereka tahun ini juga harus ditinggalkan Somyi pada bulan Januari. Pada 11 Mei, grup tersebut mengumumkan pembubarannya setelah rilisan terakhir mereka.


Sementara para penggemar dari grup-grup yang disebutkan di atas menyampaikan kesedihan mereka atas kepergian seorang member, G-FRIEND dan APRIL, yang debut pada 2015, telah membuat para penggemar merasa kehilangan karena pembubaran mereka bahkan sebelum ulang tahun ke-7 mereka. G-FRIEND pertama kali mengumumkan pembubaran mereka pada Mei tahun lalu, sedangkan APRIL mengumumkannya pada 28 Januari tahun ini.

Mengenai CLC, grup yang sayangnya "diabaikan" oleh agensi mereka juga hampir menempuh jalan yang terpisah. Pada tahun 2022, Choi Yujin, yang saat ini menjadi leader Kep1er, mengungkapkan bahwa grup tersebut telah "bubar" tidak resmi. Sampai sekarang, empat member sudah pergi termasuk Sorn, Elkie, Yeeun dan Seungyeon.

Di antara 12 grup yang memulai debutnya pada tahun 2015, SEVENTEEN (II) dan N.Flying akan dengan senang hati merayakan ulang tahun debut ke-7 mereka saat mereka melepaskan fandom mereka tahun lalu ketika semua member memperbarui kontrak mereka bersama.

Adapun MONSTA X, agensi mereka Starship mengumumkan bahwa hanya tiga dari enam member yang telah memperbarui kontrak mereka pada saat ini. Untuk alasan ini, penggemar MONSTA X fokus pada keputusan masa depan tiga member lainnya.

Di sisi lain, iKON, UP10TION, dan TWICE belum diperbarui hingga Mei terkait pembaruan kontrak. Namun, TWICE yang aktif sebagai grup global tanpa perubahan member mendapat perhatian besar. Dalam kasus TWICE, karena aktivitas para member sering dihentikan karena alasan kesehatan, akan ada banyak pertimbangan dalam langkah mereka di masa depan.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru