YG Entertainment Lebih Baik dalam Perlakukan Mantan Artis daripada yang Masih di Agensi?
Instagram/2ne1official
Selebriti

Secara khusus, YG Entertainment dinilai sering membiarkan idol mereka tidak aktif, mendukung beberapa member secara tidak adil, dan yang terbaru, tiba-tiba menunda promosi untuk lagu hit TREASURE.

WowKeren - Agensi hiburan yang menganiaya idola Kpop adalah kejadian umum di industri ini sehingga penggemar tidak akan pernah berhenti membicarakannya. YG Entertainment tidak terkecuali, dan telah mengalami cukup banyak kontroversi atas perlakuan mereka terhadap artis saat ini, yaitu TREASURE dan BLACKPINK (Black Pink). Namun, YG mungkin adalah agensi dengan perlakuan terbaik terhadap mantan idol mereka.

Secara khusus, YG Entertainment dinilai sering membiarkan idol mereka tidak aktif, mendukung beberapa member secara tidak adil, dan yang terbaru, tiba-tiba menunda promosi untuk lagu hit TREASURE "DARARI". YG menerima banyak protes karena tidak mempromosikan TREASURE. Di sisi lain, YG Entertainment juga dikritik karena tidak membiarkan BLACKPINK comeback sebagai grup.

Namun, perlakuan YG terhadap mantan artisnya berada di level yang sangat berbeda. PSY, Lee Hi, 2NE1, dan lainnya kini memang tidak memiliki hubungannya dengan YG lagi. Tapi mereka masih diperlakukan dengan baik oleh agensi tersebut.

2NE1 baru-baru ini menjadi topik hangat setelah reuni mengejutkan mereka di Coachella 2022. Grup tersebut mempersiapkan panggung spesial mereka dengan penuh kerahasiaan, yang menimbulkan kecurigaan bahwa ini disebabkan oleh masalah hukum, karena keempat member telah meninggalkan YG untuk bergabung dengan agensi hiburan lainnya.

Orang-orang percaya bahwa 2NE1 merahasiakan reuni mereka untuk menghindari konflik hak cipta dengan YG. Secara khusus, netizen percaya bahwa untuk membawakan lagu 2NE1, grup tersebut perlu mendapatkan izin YG, atau YG telebih dahulu harus mentransfer hak atas lagu mereka dan merek dagang 2NE1. Secara hukum, 2NE1 juga akan menghadapi konflik hak cipta dengan YG jika mereka merilis lagu baru atau berpromosi dengan brand 2NE1.

Namun, menanggapi kemungkinan comeback 2NE1 dan penggunaan nama grup, YG hanya mengatakan, "Kami tidak memiliki pendapat mengenai masalah ini. Tidak akan ada tindakan hukum atas nama kami." Ini adalah sikap yang sangat murah hati yang datang dari pihak YG.


Selain itu, Lee Hi mendapatkan channel YouTube-nya meski sudah meninggalkan agensi dan membela YG karena kurangnya comeback. YG juga berbeda dari agensi hiburan lainnya karena merilis MV setiap artis di channel terpisah. Contohnya, semua artis YG, termasuk mantan artis seperti PSY, SE7EN, 2NE1, Lee Hi, dan artis saat ini seperti BIG BANG, WINNER (II), iKON, BLACKPINK, TREASURE memiliki channel artis mereka sendiri dengan konten lengkap mereka, daripada semuanya dipublikasikan di satu channel bersama.

Menurut Lee Hi, YG dengan senang hati memberinya hak atas channel YouTube-nya setelah hengkang. Dan dia juga bukan satu-satunya, dengan CL, PSY, Epik High, SE7EN, dan banyak lagi semuanya mendapatkan channel mereka kembali dari YG dengan hak penuh.

"Aku ingin terus mengembangkan channel-ku, jadi aku bertanya dan YG dengan senang hati memberiku channel resmiku," kata Lee Hi. Bahkan setelah meninggalkan YG untuk AOMG, penyanyi itu tidak ragu untuk membela agensi lamanya ketika para penggemar mengeluh tentang kurangnya comeback. Menurutnya, tidak seperti asumsi, dia tidak dilupakan atau dianiaya di YG.

"Artis baru akan menerima banyak perhatian, investasi, dan proyek. Aku juga pernah menjadi artis baru. Aku tidak menganggap diriku sebagai korban, jadi aku lebih suka kalian tidak menganggap itu juga," kata Lee Hi.

Perusahaan hiburan Korea sering kali tidak mengizinkan idol mereka berinteraksi dengan mantan artis di media sosial karena berbagai masalah. Namun, bahkan setelah meninggalkan YG, para artis masih secara teratur datang ke agensi dan bertemu dengan junior mereka.

Baru-baru ini, Sandara Park dan Lee Seung Hoon WINNER juga menerima tantangan "I Love You" di Tiktok, yang membuat para penggemar senang. YG telah membuat marah penggemar pada beberapa kesempatan, namun cara mereka memperlakukan mantan artis masih memuaskan mereka.

(wk/dewi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru