Pengaruh Stoikisme Dalam Medis
Pixabay
SerbaSerbi

Filosofi kuno bernama stoikisme belakangan ramai menjadi perbincangan. Simak pengertian dan fakta menarik tentang stoikisme yang dipercaya dapat membuat hidup lebih bahagia.

WowKeren - Menariknya, filosofi stoikisme juga dipakai dalam dunia medis. Prinsip stoikisme dipercaya dapat memulihkan kondisi mental seseorang. Dalam ilmu psikologi, filosofi ini dimanfaatkan untuk pengobatan depresi. Hal itu dibenarkan oleh Ferry Irwandi.

"Stoikisme itu jadi psikoterapi untuk depresi jadi kayak untuk mengobati orang depresi. Terapi orang depresi diajarkan lah nilai-nilai dari stoikisme sendiri," jelas Ferry Irwandi.

Tak hanya di Indonesia, stoikisme juga banyak dipakai untuk mengobati kasus depresi di luar negeri. Profesor Psikologi, Robert S. Colter dari Universitas Wyoming membenarkan hal tersebut.

Pandangan Robert didasari pada penelitian Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyatakan bahwa tingkat depresi meningkat 20% selama satu dekade. Robert pun membuktikan bahwa prinsip stoikisme membantu menghibur mereka yang depresi.

"Depresi klinis merupakan masalah kesehatan serius dan harus dirawat oleh seorang profesional. Sebagai seorang sarjana filsafat kuno dan praktisi stoikisme, saya menghibur mereka yang depresi dengan karya-karya para filsuf stoik Romawi," kata Robert.

(wk/Sisi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait