Makin Menyebar, WHO Gelar Rapat Darurat Bahas Wabah Cacar Monyet
AFP/Fabrice Coffrini
Dunia

Setidaknya sembilan negara Eropa telah melaporkan wabah ini yakni Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia dan Inggris serta Amerika Serikat.

WowKeren - Jumlah kasus cacar monyet yang menyebar di sejumlah negara Eropa terus meningkat. Infeksi virus yang lebih umum terjadi di Afrika bagian barat dan tengah ini telah menyebar di Eropa dengan lebih dari 100 kasus yang dikonfirmasi atau dicurigai.

Tak tinggal diam, Organisasi Kesehatan Dunia pun segera menggelar rapat darurat pada hari Jumat (20/5) untuk membahas wabah ini. Pertemuan komite Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk membahas masalah ini adalah Kelompok Penasihat Strategis dan Teknis tentang Bahaya Menular dengan Potensi Pandemi dan Epidemi (STAG-IH), yang memberi saran tentang risiko infeksi yang dapat menimbulkan ancaman kesehatan global.

Namun itu tidak akan bertanggung jawab untuk memutuskan apakah wabah harus dinyatakan sebagai darurat kesehatan masyarakat yang menjadi perhatian internasional, yang merupakan bentuk kewaspadaan tertinggi WHO, yang saat ini diterapkan pada pandemi COVID-19. "Tampaknya ada risiko rendah bagi masyarakat umum saat ini," kata seorang pejabat senior pemerintah AS.


Setidaknya sembilan negara Eropa telah melaporkan wabah ini yakni Belgia, Prancis, Jerman, Italia, Belanda, Portugal, Spanyol, Swedia dan Inggris serta Amerika Serikat, Kanada dan Australia. Pada hari yang sama, Spanyol melaporkan 24 kasus baru.

Sebagian besar kasus dilaporkan di wilayah Madrid bahkan pemerintah setempat telah menutup sauna yang terkait dengan sebagian besar infeksi. Layanan medis angkatan bersenjata Jerman mengatakan, "Ini adalah wabah cacar monyet terbesar dan paling luas yang pernah terlihat di Eropa."

Infeksi ini pertama kali diidentifikasi pada monyet dan biasanya menyebar melalui kontak dekat. Pada umumnya, infeksi ini jarang menyebar di luar Afrika sehingga apa yang terjadi sekarang juga memicu kekhawatiran, terutama di tengah wabah COVID-19.

Meski begitu, para ahli tidak berharap wabah tersebut akan berkembang pesat seperti COVID-19 mengingat penyebarannya juga tidak semudah virus corona. Pada umumnya, cacar monyet adalah penyakit virus ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Gejalanya meliputi demam yang disertai ruam bergelombang yang khas.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru