Birthday Spotlight: Happy Joo Ji Hoon Day
iMBC
Selebriti

Birthday Spotlight kali ini hadir untuk merayakan ulang tahun Joo Ji Hoon yang jatuh pada Senin (16/5). WowKeren secara khusus akan mengulas tentang pemeran Lee Chang di 'Kingdom' tersebut.

WowKeren - Joo Ji Hoon baru saja merayakan ulang tahun ke-40 (perhitungan umur internasional) pada Senin (16/4). Kali ini Birthday Spotlight akan menemani membaca setia WowKeren dalam rangka mengupas tuntas perjalanan hidup sang aktor papan atas.

Namanya mulai dikenal luas sejak membintangi "Princess Hours", Joo Ji Hoon rupanya mengalami pahit manisnya berkarier di dunia hiburan. Setelah sempat meredup karena skandal penyalahgunaan narkoba, Joo Ji Hoon akhirnya mampu bangkit dengan terus menunjukkan kemampuan akting mumpuni. Salah satu proyek Joo Ji Hoon yang masih dinanti kelanjutannya adalah "Kingdom: Crown Prince".

Tanpa perlu berlama-lama, yuk intip perjalanan karier Joo Ji Hoon dari sebelum debut hingga kini menjadi salah satu aktor Korea Selatan yang diantisipasi proyek terbarunya.

(wk/inta)

1. Pra Debut


Pra Debut

Joo Ji Hoon lahir di Seoul pada 16 Maret 1982. Besar di ibu kota Korea Selatan, Joo Ji Hoon tumbuh dalam keluarga yang terdiri dari ayah, ibu dan adik perempuan. Ia berasal dari klan Ju asal Shinan.

Sebelum terjun ke dunia entertainment, Joo Ji Hoon menempuh pendidikan di Universitas Dongwon jurusan e-business dan Universitas Kyonggi jurusan teater. Joo Ji Hoon juga merupakan seorang model yang sudah merintis karier sejak berusia 19 tahun yakni di awal 2000-an.

Sebagai model, Joo Ji Hoon pernah memenangkan Best Male Model di sejumlah penghargaan pada tahun 2004 hingga 2005. Ajang penghargaan yang ia taklukkan antara lain, Korea Best Dresser Swan Awards dua tahun berturut-turut, The Photographer's Association, dan Style Magazine.

2. Debut


Debut

Setelah berbagai peran kecil di drama televisi, Joo Ji Hoon membintangi "Princess Hours" pada tahun 2006 lalu. Drama ini diadaptasi dari manhwa (komik Korea) populer berjudul "Goong". Debut aktingnya sebagai pemeran utama pria di drama ini menjadi bantu loncatan untuk kariernya.

Bukan main, "Princess Hours" telah menjadi hits karena akting serta chemistry menarik antara Joo Ji Hoon dan Yoon Eun Hye. Bukan cuma meraih rating tertinggi 28,3 persen, drama ini juga diterima luas hingga ke penjuru dunia dan menjadi salah satu karya yang menyebarkan hallyu wave.

Atas perannya di "Princess Hours", Joo Ji Hoon dengan cepat mendapat pengakuan usai menyabet penghargaan Best New Actor di MBC Drama Awards 2006 bersama Yoon Eun Hye. Selain itu, saat muncul di film debutnya "Antique" (2008) Joo Ji Hoon diundang ke Berlin International Film Festival ke-59.

3. Puncak Karier


Puncak Karier

Segera setelah debutnya yang bersinar, Joo Ji Hoon membintangi "The Devil" bersama dengan Uhm Tae Woong dan Shin Min A lantas mendapatkan penghargaan karenanya. Setelah The Devil, Joo Ji Joon kembali beradu akting dengan Shin Min A di "The Naked Kitchen".

Sebelum keluar dari wajib militer, Joo Ji Hoon menandatangani kontrak dengan agensi KeyEast milik aktor Bae Yong Joon. Pada Agustus 2012, Joo Ji Hoon comeback dalam film komedi sejarah "Ia Am The King" dari novel "The Prince and the Pauper". Setelahnya, Joo Ji Joon membintangi beberapa drama dengan peran beragam seperti pianis di melodrama "Five Fingers", turut serta di drama medis "Medical Top Team", dan film komedi romantis "Marriage Blue".

Soal genre, Joo Ji Hoon juga memainkan banyak macam dalam rekam jejaknya. Mulai dari thriller romantis Tiongkok "Love Suspicion", film neo-noir brutal "Confession" bersama Ji Sung dan Lee Kwang Soo, film periode "The Treacherous" dan melodrama "Mask" bersama Soo Ae. Folm noir "Asura: The City of Madness" membawanya mendapat penghargaan dan diputar di Toronto Film Festival 2016.

Terhitung sejak 2017, Joo Ji Hoon mengalami kebangkitan kariernya sejak membintangi film fantasi epic dua bagian "Along With the Gods" yang menjadi film terlaris kedua di Korea Selatan. Penampilan Joo kembali mendapat pujian dalam dua film thriller "The Spy Gone North" dan "Dark Figure Crime". Untuk itu, Joo Ji Hoon mendapatkan penghargaan dan menjadi nominasi dari beberapa penghargaan.

Puncaknya, Joo Ji Hoon kembali ke layar kaca dengan drama Netflix "Kingdom" dan "Item" milik MBC pada tahun 2019. Setahun berikutnya, ia kembali ke "Kingdom" Season 2 dan membintangi "Hyena" bersama Kim Hye Soo. Pada 2021 ia menandatangani kontrak agensi baru H& Entertainment lalu membintangi "Jirisan" bersama Jun Ji Hyun.

4. Hubungan Asmara


Hubungan Asmara

Joo Ji Hoon sempat dikabarkan terlibat cinta lokasi alias cinlok dengan dua lawan mainnya yakni Yoon Eun Hye dan Shin Min A. Setelah menjadi pasangan di "Princess Hours" keduanya dicurigai melakukan perjalanan ke Bali menggunakan pesawat yang sama. Sedangkan gosip pacaran dengan Shin Min A muncul setelah mereka muncul di dua karya "The Devil" dan "The Naked Kitchen, Joo Ji Hoon juga terang-terangan memuji kecantikannya.

Setelah selalu bungkam soal hubungan asmara, Joo Ji Hoon akhirnya mengonfirmasi pacaran dengan Ga-In Brown Eyed Girl pada 2014. Sebelum resmi berkencan, keduanya muncul dalam MV Ga-In "Fxxk U" dan segera mendapat perhatian karena adegan panas mereka.

Selama tiga tahun menjalin hubungan, perjalanan cinta Joo Ji Hoon dan Ga In tidaklah mulus-mulus saja. Mereka pernah tersandung kasus foto mesra yang disebarkan oknum tidak bertanggungjawab. Pada Juli 2017, pasangan ini akhirnya memilih untuk berpisah. Sebelum putus, Ga In mengungkapkan teman Joo Ji Hoon menawarinya ganja yang berujung pada penyelidikan polisi.

5. Kontroversi


Kontroversi

Pada 27 April 2009, Joo Ji Hoon ditangkap Polisi Metropolitian Seoul atas tuduhan penyalahgunaan narkoba. Joo ditangkap bersama dengan 15 orang dan seorang aktris yang diidentifikasi asebagai Yoon karena dicurigai memasok pil ekstasi.

Selanjutnya, Joo Ji Hoon mengaku bersalah atas penyalahgunaan narkoba jenis ekstasi dan ketamin di persidangan pada 23 Juni 2009. Hasil tes Joo Ji Hoon negatif kala itu sebagai tanda bahwa ia sudah benar-benar "bersih" dari narkoba.

Sebagai hukuman, Joo Ji Hoon dijatuhi vonis enam bulan penjara, diskors selama satu tahun, pelayanan masyarakat selama 120 jam dan denda sebesar 360 ribu won. Meski bukan kejahatan ringan, hakim memberikan hukuman dengan mempertimbangkan pertobatannya. Usai dipenjara, Joo Ji Hoon tidak lantas kembali ke dunia hiburan dan memilih melakukan wajib militer sebagai pasukan aktif.

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan

Setelah membintangi "Jirisan", Joo Ji Hoon bakal kembali dengan spin-off "Kingdom". Tim produksi telah memberikan kode bahwa Joo Ji Hoon akan kembali sebagai Lee Chang dalam "Kingdom: Crown Prince" pada Juli 2021. Namun sebulan setelahnya, tim produksi mengabarkan proses pembuatan drama ini sedang ditunda.

Selain itu, Joo Ji Hoon tengah mempersiapkan proyek film terbarunya "Gentleman" (judul terjemahan). Proses produksi dan pengambilan gambar sudah dimulai sejak 20 Agustus 2021 lalu, rencananya akan berlangsung selama 4 bulan. Semula Joo Ji Hoon akan beradu akting dengan Han Soo Hee namun sang aktris mundur dan digantikan Choi Sung Eun yang baru-baru ini mencuri perhatian dengan "The Sound of Magic".

Dalam film thriller aksi "Gentleman", Joo Ji Hoon memerankan Ji Hyun Soo seorang detektif swasta yang harus membersihkan namanya setelah dijebak dalam kasus pembunuhan. Direncanakan tayang tahun 2022, film ini telah mengungkap proses pembacaan naskah perdana para pemainnya seperti Joo Ji Hoon, Choi Sung Eun, dan Park Sung Woon pada Agustus 2021 lalu.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait