Jepang Mulai Tawarkan Vaksin COVID-19 Dosis Ke-4 Untuk Warga yang Masuk Kelompok Ini
Dunia

Kementerian Kesehatan Jepang menyarankan warga untuk menerima suntikan booster COVID-19 kedua tersebut setidaknya lima bulan setelah disuntik dosis ketiga.

WowKeren - Jepang mulai menawarkan vaksin COVID-19 dosis keempat untuk lansia dan kelompok rentan yang memiliki gangguan medis sejak Rabu (25/5). Kelompok lansia yang bisa mendapat suntikan dosis keempat ini adalah mereka yang berusia 60 tahun ke atas.

Warga berusia antara 18-59 tahun juga bisa mendapat suntikan dosis keempat jika mereka memiliki kondisi kesehatan kronis seperti penyakit pernapasan atau kondisi jantung. Mereka yang berisiko tinggi mengembangkan gejala parah jika terinfeksi COVID-19 juga bisa mendapat suntikan dosis keempat.

Kementerian Kesehatan Jepang menyarankan warga untuk menerima suntikan booster tersebut setidaknya lima bulan setelah disuntik dosis ketiga. Mayoritas lansia di Jepang sudah mulai mendapat dosis ketiganya pada bulan Januari 2022 lalu. Ini berarti, putaran vaksinasi dosis keempat diharapkan akan berjalan lancar mulai bulan Juni dan seterusnya.

Adapun prosedur untuk menerima tiket vaksin dosis keempat ini berbeda-beda, tergantung oleh pemerintah daerah setempat. Beberapa tiket vaksin dikirim langsung kepada warga yang memenuhi syarat, sedangkan yang lain harus diajukan.

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan lantas meminta masyarakat untuk memperhatikan pengumuman publik dan pemerintah daerah untuk memastikan kelayakan vaksinasi dan menghindari kebingungan.


Sebagai informasi, penelitian di luar negeri menunjukkan bahwa vaksinasi dosis keempat dapat mencegah gejala COVID-19 yang parah berkembang pada orang di atas 60 tahun untuk jangka waktu tertentu. Meski demikian, studi itu tidak menunjukkan data yang cukup untuk efektivitas bagi mereka yang berusia di bawah 60 tahun.

Adapun seorang pejabat pemerintah menyinggung kemungkinan memperluas cakupan untuk warga yang memenuhi syarat vaksinasi dosis keempat. "Kami akan membuat pertimbangan sambil terus mengumpulkan berbagai informasi," ujarnya.

Di sisi lain, sejumlah negara lain sudah memulai program vaksinasi COVID-19 dosis keempat terlebih dahulu. Salah satunya adalah Amerika Serikat yang telah menawarkan dosis booster kedua untuk warga berusia 50 tahun ke atas.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merekomendasikan suntikan booster tersebut sebagai pilihan tetapi tidak mendesak agar mereka yang memenuhi syarat bergegas mendapatkannya. Dr Rochelle Walensky, direktur CDC, mengatakan sangat penting bagi orang Amerika yang lebih tua - mereka yang berusia 65 tahun ke atas - dan berusia 50-an dengan penyakit kronis seperti penyakit jantung atau diabetes untuk mempertimbangkan suntikan booster.

"Mereka adalah yang paling mungkin mendapat manfaat dari menerima dosis booster tambahan saat ini," katanya.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait