Formula E Jakarta Dimulai Hari Ini, Jokowi Akan Nonton Langsung dan Sapa Para Pembalap
Nasional
Formula E 2022

Sebelum menyaksikan balapan, Jokowi dijadwalkan melakukan grid walk bersama sejumlah pejabat dan juga pembalap. Termasuk Ketua MPR sekaligus Ketua Umum IMI Bambang Soesatyo dan Menparekraf Sandiaga Uno.

WowKeren - Ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta alias Jakarta E-Prix 2022 akan berlangsung mulai Sabtu (4/6) hari ini. Presiden Joko Widodo dijadwalkan menonton langsung Formula E Jakarta di Ancol, Jakarta Utara.

"Insya Allah besok (4/6) Bapak Presiden diagendakan untuk menonton langsung Formula E," ungkap Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono, Jumat (3/6).

Sebelum menyaksikan balapan, Jokowi dijadwalkan melakukan grid walk bersama sejumlah pejabat dan juga pembalap. Di antaranya adalah Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo, dan lima pembalap.

"Presiden juga akan menyapa sekaligus berfoto bersama dengan para pembalap," terang Heru.

Di sisi lain, Polda Metro Jaya akan menyiagakan 1.778 personel gabungan untuk mengamankan pagelaran Formula E Jakarta. Sejumlah upaya telah disiapkan, salah satunya adalah rekayasa lalu lintas.


"Kami mengimbau agar masyarakat yang tidak berkepentingan dengan kegiatan di Ancol dan sekitarnya mungkin bisa menghindar dari kawasan itu, mengingat banyak penonton yang akan datang," papar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan, Jumat.

Rekayasa lalu lintas tersebut akan dilakukan di sekitar pintu masuk Ancol untuk mengurai antrean kendaraan. Menurut Zulpan, Direktorat Lalu Lintas telah bekerjasama dengan pihak penyelenggara untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas di area tersebut.

"Kami berharap acara tersebut berjalan dengan lancar dan tidak terjadi gangguan akibat kecelakaan," terangnya.

Sebagai informasi, tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol tetap dibuka untuk umum. Akan tetapi, bagi pemilik tiket Formula E perlu memperhatikan akses masuk ke dalam lokasi balapan. Pasalnya, pihak penyelenggara membedakan cara masuk ke area sirkuit berdasarkan kelas tiket.

Widi Amanasto selaku Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengatakan bahwa akses masuk penonton dibagi ke tiga gerbang dari Ancol. "Traffic management tentunya kita bagi, ada tiga gate dari Ancol," ujar Widi di Balai Kota, Kamis (2/6).

(wk/Bert)

You can share this post!

Artikel Terkait