Diduga Tabrak Ekskavator, Kereta Tergelincir di Iran Tewaskan 17 Orang
Dunia

Insiden itu terjadi pada Rabu (8/6) dini hari, ketika empat dari tujuh gerbong kereta api tergelincir dalam kegelapan di dekat kota gurun Tabas di sekitar 550 km tenggara Teheran.

WowKeren - Sebuah kereta penumpang tergelincir di Iran bagian timur pada Rabu (8/6). Kantor berita semi resmi Iran Fars melaporkan sebanyak 17 orang tewas akibat insiden itu dan 50 penumpang lainnya terluka parah.

Kereta api itu dilaporkan membawa sekitar 350 penumpang. Jumlah korban diperkirakan masih akan meningkat. Insiden itu terjadi pada dini hari, ketika empat dari tujuh gerbong kereta tergelincir dalam kegelapan di dekat kota gurun Tabas, sebagaimana dilaporkan televisi pemerintah Iran. Tabas terletak di sekitar 550 km (340 mil) tenggara ibukota, Teheran.

Lokasi kejadian berada di wilayah terpencil, dengan akses komunikasi yang buruk. Tim penyelamat segera tiba di sana dengan ambulans dan helikopter. Pejabat mengatakan ada 16 orang yang mengalami luka kritis dan beberapa juga telah dipindahkan ke rumah sakit setempat.


Penggelinciran terjadi sekitar 50 km (30 mil) di luar Tabas di jalur rel yang menghubungkan kota itu ke pusat kota Yazd. Klub Jurnalis Muda yang terkait dengan TV pemerintah menerbitkan serangkaian foto kejadian, yang memperlihatkan gerbong kereta di sisi mereka ketika penyelamat mencoba merawat korban yang terluka.

Menurut laporan awal, disebutkan bahwa kereta bertabrakan dengan ekskavator yang ada di dekat rel. Namun untuk kasus ini, masih belum jelas mengapa ekskavator bisa berada di dekat rel kereta pada malam hari. Seorang pejabat menilai jika itu mungkin karena proyek perbaikan.

Sementara itu, bencana kereta api pernah terjadi sebelumnya di Iran, dengan yang terburuk adalah yang terjadi pada tahun 2004 silam. Pada saat itu, sebuah kereta api bermuatan bensin, pupuk, belerang dan kapas jatuh di dekat kota bersejarah Neyshabur. Insiden itu menewaskan setidaknya 320 orang dengan 460 orang lainnya mengalami luka-luka. Kecelakaan kereta terburuk juga merusak lima desa di sekitarnya.

Ada sekitar 14.000 jalur kereta api di Iran, yang mengangkut penumpang dan barang ke seluruh negeri, khususnya di daerah pedesaan. Sebelumnya, Iran juga telah berduka usai insiden gedung runtuh yang menewaskan 41 orang.

(wk/zodi)


You can share this post!

Related Posts