Puluhan Ribu Kera di Thailand Juga Ikuti Tes Cacar Monyet, Apa Hasilnya?
Pixnio
Dunia
Wabah Cacar Monyet

Sudah sekitar 25 ribu kera di seluruh Thailand mengikuti tes pengecekan virus cacar monyet. Pemerintah menargetkan ada 50 ribu kera yang diperiksa di 222 lokasi di seluruh negeri.

WowKeren - Berbagai negara kini tengah mewaspadai kehadiran wabah cacar monyet. Termasuk di Negara Thailand. Bahkan, Thailand juga telah melakukan tes cacar monyet pada hewan kera dan sejenisnya di negara mereka.

Pejabat Thailand kini telah menjalankan puluhan ribu tes cacar monyet pada monyet di seluruh Thailand (yang tidak yakin kenapa harus dilakukan). Sejauh ini telah ada 25 ribu tes, dari 50 ribu monyet di 222 lokasi di seluruh negeri. Kemarin, seorang dokter hewan di Departemen Taman Nasional, Satwa Liar dan Konservasi Tumbuhan, Phattarapol Mee-on, mengumumkan bahwa semua tes itu negatif.

Reservoir alami virus monkeypox atau cacar monyet umumnya masih belum diketahui. Namun, hewan pengerat Afrika dan primata non-manusia (termasuk beberapa kera) mungkin menyimpan virus tersebut dan menginfeksi manusia sebagai penyakit zoonosis. Hari ini, Rabu (8/6), diketahui ada 1.033 orang yang terinfeksi yang dikonfirmasi di seluruh dunia.



Kasus cacar monyet pada manusia telah terjadi di luar Afrika 5 kali abad ini. Sebagian besar terkait dengan perjalanan internasional atau hewan impor, termasuk kasus yang dikonfirmasi di setidaknya 29 negara. Wabah saat ini tidak ada hubungannya dengan monyet sama sekali.

Phattarapol Mee-on mengatakan bahwa departemen tersebut bekerja sama dengan Departemen Peternakan Thailand untuk menyaring hewan impor untuk cacar monyet. Phattarapol Mee-on mengatakan bahwa sebagian besar hewan merupakan milik kebun binatang dan peternakan.

Phattarapol menambahkan bahwa kebun binatang dan peternakan memahami situasinya, dan bersedia menunda impor hewan di masa depan untuk mengikuti langkah-langkah pengendalian virus. Menurut departemen margasatwa, ada seribu monyet yang dibawa ke Thailand tahun ini, sebagian besar dari peternakan monyet di Eropa dan Afrika.

Berita ini muncul setelah 6 tersangka infeksi cacar monyet pada manusia juga dinyatakan negatif Meskipun tidak ada kasus cacar monyet yang dikonfirmasi di perbatasan Kerajaan. Phattarapol mengatakan bahwa orang-orang yang tinggal di dekat habitat monyet yang diketahui didesak untuk menjauh dari mereka dan menghindari memberi mereka makan.

(wk/amel)


You can share this post!


Related Posts