Ambil Gambar Terbaru Harta Karun Galleon San Jose, 2 Bangkai Kapal Ikut Ditemukan
Dunia

Angkatan laut Kolombia berhasil menemukan 2 bangka kapal baru di dekat galleon San Jose. Dalam misi yang sama, mereka juga berhasil menangkap gambar baru dari sejumlah harta karun San Jose.

WowKeren - Penemuan berharga ditemukan di wilayah laut Kolombia. Tepatnya, dua bangkai kapal baru ditemukan di lepas pantai Kolombia pada Senin (6/6) lalu.

Keduanya ditemukan di dekat kapal tenggelam berusia berabad-abad. Di mana kedua kapal baru yang ditemukan itu diyakini menyimpan miliaran dolar harta karun, menurut pemerintah Kolombia. Dua bangkai kapal baru itu ditemukan saat angkatan laut Kolombia melakukan misi pemantauan bawah air di kapal galleon San Jose yang tenggelam.

Kedua kapal karam itu diyakini sebagai kapal kolonial dan sekunar dari sekitar 200 tahun yang lalu. Berlayar selama periode perang kemerdekaan Kolombia dengan Spanyol. Sayangnya, tidak ada informasi tentang apa yang mungkin dimiliki kapal-kapal itu ketika mereka tenggelam.

Selain menemukan dua bangkai kapal baru, misi tersebut menangkap gambar baru San Jose dan harta karunnya dengan kamera jarak jauh hampir 3 ribu kaki di bawah permukaan air. Gambar-gambar menunjukkan koin emas, meriam, tembikar, dan porselen berserakan di kapal dan haluan.


San Jose merupakan sebuah kapal galleon 64-senjata dengan 600 orang di dalamnya, milik Raja Philip V dari Spanyol. Kapal itu tenggelam di dekat Cartagena pada tahun 1708 saat berperang melawan angkatan laut Inggris selama Perang Suksesi Spanyol.

Kapal San Jose kemudian ditemukan pada tahun 2015. Namun sayangnya, harta yang berada dalam kapal San Jose tetap terendam selama bertahun-tahun pertempuran hukum. Kapal yang hancur itu dianggap berisi salah satu harta karun paling berharga yang pernah hilang di laut. Mulai dari emas, perak, zamrud, dan benda-benda mahal lainnya yang diambil dari kerajaan kolonial Spanyol yang nilainya bisa lebih dari $17 miliar saat ini.

Sementara itu, pejabat pemerintah Kolombia sendiri juga telah menyatakan kekuatan mereka untuk melindungi temuan arkeologi tersebut. Pejabat pemerintha Kolombia berharap bahwa suatu hari nanti mereka dapat mengangkat San Jose untuk memajangnya dan artefaknya di museum.

Kapal galleon San Jose dan harta karunnya pun dinyatakan sebagai "warisan arkeologi, budaya, dan sejarah". Hal itu disampaikan oleh Marta Lucia Ramirez, wakil presiden dan rektor Warisan Budaya Terendam Kolombia, mengatakan dalam siaran pers Februari lalu.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait