PSY Makin Dikecam usai Tanggapi Santai Kritikan Konser Air 'Summer Swag'
TenAsiaDB
Musik

PSY sontak kembali dikecam usai memberikan tanggapan santai terkait dengan kritikan tajam atas konser air 'Summer Swag 2022' yang ia adakan mengingat dinilai membahayakan.

WowKeren - PSY diketahui kerap menggelar konser "basah-basahan" dengan dipenuhi air yang disebut "PSY Soak Show". Tahun ini, konser solo PSY kembali digelar dan diberi nama "Summer Swag".

Sayang, konser air yang menjadi ciri khas PSY ini justru menuai kritikan tajam tahun ini. Apalagi, PSY sempat membeberkan bahwa ia menggunakan setidaknya 300 ton air yang bisa diminum pada konsernya.

Konser air PSY ini dikritik atas masalah kesehatan yang ditimbulkan di mana virus atau bakteri akan berkembang dengan cepat dalam keadaan basah. Pandemi virus corona yang belum berakhir ini dinilai memunculkan penyakit baru dengan konser basah-basahan ini.

Selain itu, PSY juga dikritik lantaran membuang-buang air dalam jumlah fantastis. Pasalnya, saat ini pertanian Korea Selatan tengah dilanda kekurangan air karena musim panas yang cukup lama.

Hari ini, Jumat (17/6) Pusat Pengendalian Penyakit Korea Selatan bahkan memberikan pernyataan yang menyinggung secara tak langsung mengenai konser air PSY. Penggunaan air telah diimbau tidak dilakukan.


"Orang menjadi lebih rentan terhadap infeksi virus ketika masker menjadi basah. Kami menyarankan agar acara di luar ruangan menahan diri dari menyemprotkan air ke kerumunan, jika memungkinkan," jelas Pusat Pengendalian Penyakit Korea Selatan.

Menurut Pusat Pengendalian Penyakit, risiko tertular virus dan bakteri berbahaya berlipat ganda ketika masker menjadi basah karena air atau keringat. Sesuai peraturan yang ada, setiap individu diwajibkan memakai masker dalam setiap acara yang melibatkan lebih dari 50 orang, baik di dalam maupun di luar ruangan.

Usai pernyataan dari pemerintah ini, PSY diungkapkan bahwa memberikan respons dengan menyebutkan akan memberikan masker tahan air kepada semua penonton yang menghadiri "Summer Swag 2022". Sayang, respons PSY ini justru semakin membuatnya banjir kecaman lantaran dinilai tak peduli dengan kritikan yang diberikan.

"Yang mereka minta hanyalah agar kalian tidak menyemprotkan air ke orang-orang. Apakah itu sulit?" ucap salah seorang Knetz. "Kurangi saja airnya. Mengapa dia mencoba berkelahi dengan pemerintah?" ujar lainnya. "Jadi acara-acara ini akan membuang-buang air yang dapat digunakan untuk membantu industri pertanian, dan mereka mungkin membuat orang banyak terpapar virus menular. Apa gunanya menjadi begitu keras kepala dan terus maju bersama mereka?" kata lainnya. "Ini Psy... hanya peringatan sopan dari pemerintah tidak akan sampai ke kepalanya yang keras kepala," beber lainnya.

"Ya, pengingat bahwa COVID belum 'berakhir'," ucap lainnya. "Ini benar-benar egois. Dia tidak akan memotong penggunaan air dari acaranya karena itu 'mereknya' ketika itu bisa merugikan banyak orang," terang lainnya. "Aku tidak mengerti. Jika tidak ada meriam air, apakah itu akan mempengaruhi pertunjukan? Ini adalah konser musik," seru lainnya. "Dia melewatkan kesempatan yang sangat bagus untuk mengatakan, 'Tahun ini, mengingat industri pertanian yang menderita kekeringan hebat, tidak akan ada air yang digunakan selama 'Soak Show'. Dia akan menerima pujian jika dia hanya mengatakan itu," saran lainnya.

Sementara itu, tiket konser PSY dikabarkan terjual habis meski menuai kritikan tajam. Situs penjualan tiket bahkan sampai eror karena banyaknya orang yang berusaha membeli tiket "Summer Swag".

(wk/alfa)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait