Birthday Spotlight: Happy Leeteuk Day
Selebriti

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Leeteuk Super Junior yang merayakan ulang tahunnya yang ke-39 (40 tahun menurut hitungan Korea) pada 1 Juli.

WowKeren - Ulang tahun para idol menjadi momen yang spesial tak hanya bagi idol itu sendiri tapi juga penggemar mereka. Berbagai cara dilakukan penggemar untuk merayakan momen ulang tahun sang idola mulai dengan berdonasi, memasang iklan di lokasi-lokasi yang populer dan strategis sampai sekedar membuat tagar khusus dan menjadikannya trending topic di Twitter.

Untuk Birthday Spotlight kali ini, WowKeren secara khusus mengulas tentang Leeteuk Super Junior yang merayakan ulang tahunnya yang ke-39 (40 tahun menurut perhitungan Korea) pada 1 Juli. Ulang tahun kali ini juga menjadi momen yang spesial bagi dirinya dan para fans.

Park Jungsoo dikenal secara profesional sebagai Leeteuk, adalah penyanyi, penulis lagu, presenter, tokoh radio, dan aktor Korea Selatan. Dia memulai debutnya sebagai leader Super Junior pada November 2005 dan sejak itu telah berpartisipasi dalam subgrup Super Junior-T dan Super Junior-H. Dia memulai karirnya sebagai presenter televisi di acara musik "M! Countdown". Dia terkenal karena perannya dalam membawakan "Strong Heart", "Star King", "The Best Cooking Secrets", "I Can See Your Voice", dan "Idol Star Athletics Championships".

(wk/dewi)

1. Pra-Debut


Pra-Debut

Ketika Leeteuk melakukan perjalanan ke Apgujeong-dong untuk melihat-lihat pada awal tahun 2000, seorang pencari bakat mendekatinya dan merekomendasikan dia untuk mengikuti audisi untuk Sistem Casting Starlight SM Entertainment. Setelah beberapa rekaman tes dan pertunjukan, ia menandatangani kontrak dengan SM Entertainment dan menjadi trainee.

Pada tahun yang sama, ia muncul sebagai tambahan dalam drama "All About Eve" yang ditayangkan di MBC, dan secara singkat menjadi model untuk Pepsi pada tahun 2002. Pada tahun 2003, ia dimasukkan ke dalam lima anggota boyband Smile dengan rekan sebandnya di masa depan, Lee Donghae. Proyek itu dibatalkan, dan mereka dimasukkan ke dalam grup rotasi Super Junior bersama dengan sepuluh trainee lainnya. Menjadi lebih tua dari trainee lainnya, Leeteuk menjadi leader grup.

Leeteuk telah menjelaskan bahwa ia menggunakan nama panggung karena keinginannya untuk memiliki nama dengan efek yang sama seperti Kangta, dan untuk mencegah kebingungan antara aktris veteran Park Jungsoo dan dirinya sendiri. Nama panggungnya Leeteuk, berarti "istimewa". Dia sebelumnya menolak dua nama panggung yang ditunjuk untuknya oleh agensinya. Pemimpin agensi saat itu, Lee Soo Man, memanggilnya "anak istimewa" dan mengatakan bahwa nama Leeteuk lebih cocok untuknya.

2. Debut


Debut

Leeteuk secara resmi memulai debutnya sebagai bagian dari grup Super Junior 05 yang beranggotakan dua belas orang bernama pada 6 November 2005. Mereka menjalani debut stage di program musik "Inkigayo" dan mempromosikan lagu debut "Twins (Knock Out)".

Pada 2006, SM Entertainment merekrut member baru untuk Super Junior yaitu Kyuhyun yang diperkenalkan lewat single "U". Hal ini sekaligus mengubah format Super Junior yang sebelumnya merupakan grup rotasi menjadi grup permanen dengan jumlah tiga belas orang.

3. Puncak Karir


Puncak Karir

Setelah merilis album kedua berjudul "Don't Don" pada 2007, Super Junior merilis album ketiga, "Sorry, Sorry" pada 2009 yang menjadi momen di mana popularitas mereka mencapai puncak sejak debut. Lagu "Sorry, Sorry" membuat nama mereka dikenal di seluruh dunia, terutama Tiongkok dan Asia Tenggara.

Super Junior juga secara konsisten menggelar tur konser bertajuk "Super Show" yang singgah di berbagai belahan dunia. Grup tersebut juga disebut sebagai pembuka jalan bagi K-pop di pasar Amerika Latin. Hingga kini, Super Junior masih terus menelurkan karya, dengan yang terbaru adalah album comeback mereka yang berjudul "The Road: Keep On Going".

4. Aktivitas Solo


Aktivitas Solo

Selain kegiatan Super Junior, ia telah menjadi pembawa acara beberapa acara televisi. Pada tahun 2005, ia menjadi pembawa acara acara musik mingguan, "M! Countdown", yang akhirnya membuatnya menjadi pembawa acara solo pertamanya di reality show "Leeteuk's Love Fighter" yang ditayangkan di saluran televisi kabel Mnet pada tahun 2008. Leeteuk menjadi DJ radio untuk KBS "Super Junior Kiss The Radio (Sukira)" mulai Agustus 2006.

Antara 2008 dan 2009, Leeteuk menjadi pembawa acara beberapa program televisi termasuk "Road Show Quiz Expedition", "Challenge! Good Song", dan "Challenge! Golden Ladder". Dari tahun 2009 dan seterusnya, Leeteuk menjadi tamu tetap di SBS's "Strong Heart".

Pada tahun 2010, Leeteuk muncul sebagai salah satu dari banyak pembawa acara "Waving the Taegukgi [ko]" dan sejak 2009, ia sering menjadi tamu di "Star King". Dari September hingga November 2011, Leeteuk memainkan peran seorang ayah di "Hello Baby" season 4. Leeteuk juga menjadi bagian dari reality show MBC "We Got Married" dengan aktris Kang Sora.

Setelah kembali dari wajib militer, Leeteuk kerap diundang untuk memjadi MC acara-acara penghargaan. Ia juga memandu acara "I Can See Your Voice" yang ditayangkan Mnet dan mulai Februari 2015, ia menjadi acara olahraga tahunan para idol, "Idol Star Athletics Championships".

Leeteuk tampil sebagai pembawa acara beberapa program lain di tahun 2015 seperti "Match Made in Heaven Returns". Pada tahun 2016, ia menjadi pembawa acara program hiburan "Hidden Camera Shot Battle" and "Reform Show". Dia kembali sebagai DJ radio Sukira pada April 2016, menggantikan Ryeowook yang telah mendaftar di militer. Dia merayakan ulang tahun ke 10 acara radio itu pada bulan Agustus sebelum meninggalkan program pada bulan Oktober 2016.

Leeteuk bergabung dengan Super Junior sebagai bagian dari pemeran utama "Super TV", yang ditayangkan di saluran televisi baru XtvN dari 28 Januari hingga 13 April 2018. Dia memainkan peran pendukung dalam web drama komersial "Secret Queen Makers" pada Juni 2018. Pada bulan Agustus 2018, ia bergabung dengan para pemain dan menjadi pembawa acara musim kedua "Real Life Men and Women".

Pada Januari 2019, ia muncul sebagai pembawa acara khusus di episode kedua belas reality show "Under Nineteen". Dia juga muncul di acara perjalanan Jepang "Leeteuk's Solo Travel", menjadi pembawa acara talk show yang berbasis di Thailand "Beauty No. 9". Dia membintangi serial YouTube Original "Analog Trip" dengan Eunhyuk, Donghae dan Shindong, serta U-Know Yunho dan Max Changmin TVXQ pada bulan September 2019.

5. Kontroversi


Kontroversi
Naver Dispatch

Pada 2007, Leeteuk pernah mengungkapkan bahwa ia mem-follow atlet figure skater Kim Yuna di akun media sosial Cyworld tapi tidak di-follow balik oleh sang atlet. Hal tersebut menyebabkan para fans Super Junior meluapkan kemarahan di website Kim Yuna serta membuat Leeteuk dikritik netizen. Pada 2012 di acara "Strong Heart", Leeteuk meminta maaf kepada Kim Yuna atas insiden tersebut, mengatakan, "Aku terkejut dan meminta maaf di radio, tapi para penggemar masih marah. Itu sebabnya aku bertemu dengan Kim Yuna dan meminta maaf secara pribadi. Untungnya, dia menerima permintaan maafku dan menjawab bahwa dia menyesal. Begitulah cara itu diselesaikan."

Di kesempatan lain, Leeteuk menempelkan kue ke wajah BoA yang membuat penyanyi tersebut kesal dan menyindirnya di Twitter. Saat BoA mulai dikritik penggemar, Leeteuk menulis, "Kekekeke aigoo, betapa lucunya... Kamu menuai apa yang kamu tabur..." yang tampaknya ditujukan untuk BoA dan membuat BoA meng-unfollow dirinya. Kemudian Leeteuk mentweet lagi, "Hiks, aku ketahuan..." dan "Tapi sekarang setelah ini terjadi, aku tidak bisa berbuat apa-apa..."

6. Proyek Masa Depan


Proyek Masa Depan
Topstarnews

Leeteuk masih akan disibukkan dengan kegiatan bersama Super Junior dengan promosi album ke-11 mereka, "The Road: Keep On Going" serta tur konser "Super Show 9: ROAD" yang akan digelar di berbagai negara. Selain, Leeteuk juga dipastikan bakal tetap sibuk dengan sederet kegiatan solo.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru