Kini Jadi Musisi Sukses, Sandhy Sondoro Cerita Pernah Jadi Buruh Cuci Piring
Instagram/sandhysondoro_official
Selebriti

Sandhy Sondoro membeberkan perjuangan masa lalu sebelum sesukses seperti saat ini. Tak banyak yang tahu, Sandhy ternyata menyimpan kisah perjuangan hidup yang tak mudah.

WowKeren - Musisi Tanah Air Sandhy Sondoro baru-baru ini mengungkap pengakuan mengejutkan. Pengakuan Shany itu berhasil menyita perhatian publik.

Pasalnya, tak banyak yang tahu jika seorang Sandhy Sondoro ternyata pernah menjadi tukang cuci piring. Masa itu terjadi ketika ia masih berkuliah di Jerman.

Sandhy rela menjalani pekerjaan sebagai buruh cuci piring demi bertahan hidup di negara orang. Musisi 48 tahun itu mengatakan bahwa ia berkuliah di Jeman atas keringatnya sendiri.

Karena itu, Sandhy berusaha sekeras mungkin untuk bertahan hidup sekaligus menyelesaikan pendidikannya. Syukur, usaha Sandhy itu tak sia-sia. Ia berhasil lulus dari perguruan tinggi Jerman dengan kerja kerasnya sendiri.


"Dari bawah banget, saya juga ketika saya sekolah di Jerman juga, memang semua atas biaya saya sendiri, gak ada kiriman ibu bapak ya," ungkap Sandhy Sondoro dalam acara "Insert" Trans TV. "Jadi Alhamdulillah saya bisa menyelesaikan juga."

Tak cuman mencuci piring, Sandhy juga rela bekerja serabutan demi menghasilkan uang. Ia mengenang pernah bekerja sebagai tukang bersih-bersih, restoran bahkan pabrik.

Sandhy mengenang masa sulitnya dengan penuh antusias. Kini, Sandhy berhasil mewujudkan masa depan yang sukses sebagai musisi hebat Tanah Air.

"Waktu saya belum menemukan jalan di musik itu, saya juga, saya kerja serabutan," kata Sandhy. "Maksudnya, sebagai student, foreign student di Jerman semua foreign student ya semua ngalami ngerjain kerjaan buruh misalnya ya nyapu, cleaning service, kerja di pabrik, di restoran, cuci piring semua sudah saya kerjakan ya."

Perjuangan Sandhy itu kemudian menuai beragam respons dari warganet. Mereka terkejut sekaligus kagum dengan perjuangan masa lalu seorang Sandhy Sondoro.

(wk/Sisi)

You can share this post!