Salah Satu Kru Dance 'Street Man Fighter' Dikritik Plagiat Logo Nama Persis Miliki BTOB
Instagram/mnet_dance
TV

Baru-baru ini, 'Street Man Fighter' yang tengah merilis nama-nama kru dance pria yang bergabung di acara survival ini menuai aksi protes karena salah satunya memiliki logo serupa seperti BTOB.

WowKeren - Program spin-off versi pria dari "Street Woman Fighter" Mnet telah mengumumkan sederet kru yang akan berebut prestasi di acara survival ini. Setelah melalui dua babak penyisihan melalui pra-pertunjukan "Be Mbitious", mereka akhirnya membentuk krunya dan siap untuk berperang.

Persiapan para kru dance pria yang sudah terbentuk menarik perhatian publik. Pasalnya, di antara anggota grup ini ada beberapa nama idola yang tidak asing didengar. Terlepas dari ini, acara tersebut sudah mulai memicu kontroversi karena logo kru dance yang digunakan.

Dilaporkan bahwa salah satu kru dance pria mengusung nama Bank Two Brothers yang juga menjual pakaian di bawah label mereka sendiri. Akan tetapi, mereka memutuskan untuk mengubah nama dan logo mereka demi pertunjukan. Mereka menyingkat nama menjadi B II B (B To B) dan juga membuat logo untuk kru.

Nyatanya, nama kru dance tersebut dinilai mirip dan serupa seperti boy grup BTOB yang sudah terkenal dan debut sejak tahun 2012. Oleh karena itu, sebagian penggemar menilai seharusnya kru dance tersebut tidak mengubah nama mereka menjadi seperti itu karena percuma.


Photo-INFO

Sumber: Koreaboo

Memiliki nama yang sama bagi kru dance hanya akan membuat sia-sia karena jika pergi ke mesin pencarian, tentunya algoritma yang pertama kali dimunculkan adalah boy grup BTOB. Hal ini lantaran nama kru dan grup K-Pop dalam bahasa Korea adalah sama persis.

"Saya seorang Melody (penggemar BTOB) dan masalah ini pertama kali dibicarakan di Twitter. Nama asli mereka bukan ini. Mereka awalnya bernama Bank To Brothers dan saya pikir mereka juga menjual pakaian dengan nama Bank To Brothers … Tapi entah kenapa mereka tiba-tiba menggunakan nama B II B. Logo itu juga logo BTOB sebelumnya. Mereka mencuri semuanya, padahal CUBE mendaftarkan hak cipta dan hak produksi. CUBE juga mendaftarkan hak cipta atas nama tersebut B To B. Sangat dipertanyakan mengapa mereka memutuskan untuk membuang nama mereka sendiri dan menggunakan nama grup idola tetapi mereka tidak memberikan pernyataan apa pun. Ini sangat membuat frustrasi," komentar netizen.

"Untuk orang-orang yang sibuk dengan masalah poppin vs popping, mereka tidak boleh mengabaikan masalah nama grup LOL dan saya mendengar logo juga disalin langsung dengan BTOB, tetapi mereka perusahaan tidak melakukan apa-apa? Bukankah mereka mendaftarkan hak cipta untuk saat-saat seperti ini?" komentar netizen lainnya.

Sementara itu, permasalahan ini belum ditanggapi baik dari pihak Mnet maupun agensi BTOB sendiri, CUBE Entertainment. Tentunya ini akan menjadi masalah yang serius dan diperlukannya klarifikasi supaya tidak terjadi masalah lain.

(wk/taki)

You can share this post!

Related Posts