Mikroplastik Sudah Terdeteksi Hingga ke Produk Daging dan Susu
pixabay.com/Ilustrasi
Dunia

Para ilmuwan di Vrije Universiteit Amsterdam (VUA) di Belanda menemukan partikel mikroplastik dalam tiga perempat produk daging dan susu yang diuji dan setiap sampel darah.

WowKeren - Kontaminasi mikroplastik dilaporkan sudah terdeteksi hingga ke produk peternakan. Untuk pertama kalinya, mikroplastik sudah ditemukan pada daging sapi dan babi serta dalam darah kedua hewan tersebut.

Para ilmuwan di Vrije Universiteit Amsterdam (VUA) di Belanda menemukan partikel mikroplastik dalam tiga perempat produk daging dan susu yang diuji dan setiap sampel darah dalam studi percontohan mereka. Partikel juga ditemukan di setiap sampel pakan pelet hewan yang diuji, menunjukkan jalur kontaminasi yang berpotensi penting.

Sementara itu, terkait deteksi mikroplastik dalam darah manusia telah dilaporkan peneliti VUA pada Maret lalu. Penemuan partikel mikroplastik dalam darah menunjukkan bahwa partikel itu dapat melakukan perjalanan ke seluruh tubuh dan mungkin bersarang di organ.

Namun hingga kini, masih belum diketahui apa dampak mikroplastik terhadap kesehatan manusia dan hewan ternak. Namun, ada kekhawatiran bahwa mikroplastik mampu menyebabkan kerusakan sel manusia di laboratorium dan partikel polusi udara sudah diketahui masuk ke dalam tubuh dan menyebabkan jutaan kematian dini setiap tahunnya.


Sampah plastik telah dibuang ke lingkungan dalam jumlah besar dengan mikroplastik juga telah mencemari seluruh planet, mulai dari puncak tertinggi Gunung Everest hingga lautan terdalam.

"Saat Anda mengukur darah, Anda menemukan dosis yang diserap dari semua rute paparan yang berbeda: udara, air, makanan, dan lain-lain," kata Dr Heather Leslie di VUA. "Jadi ini sangat menarik karena segera memberitahu Anda apa yang menembus ke dalam sungai kehidupan."

Untuk penelitian ini, para ilmuwan menguji 12 sampel darah sapi dan 12 darah babi dan mendapati bahwa mikroplastik terdapat dalam semua sampel itu, termasuk polietilen dan polistirena. Ada 25 sampel susu termasuk susu dari karton supermarket, tangki susu di peternakan dan pemerahan tangan.

Delapan belas sampel, termasuk setidaknya satu dari setiap jenis, mengandung mikroplastik. Tujuh dari delapan sampel daging sapi dan lima dari delapan sampel daging babi terkontaminasi. "Masih belum diketahui apakah ada potensi risiko toksikologi dari temuan ini," kata laporan itu.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru