Kabar Gembira, Netflix Bakal Gandeng Microsoft Untuk Rilis Paket Langganan Lebih Murah
Unsplash/Mollie Sivaram
Dunia

Sebagai informasi, Netflix kehilangan 200 ribu pelanggan di seluruh dunia pada kuartal pertama 2022 dibandingkan akhir tahun 2021. Hal tersebut membuat Netflix mengumumkan kehadiran iklan di platformnya.

WowKeren - Platform streaming Netflix akan menggandeng Microsoft untuk meluncurkan paket berlangganan yang lebih murah. Paket tersebut akan mencakup iklan sehingga harganya terjangkau dan menarik lebih banyak pelanggan.

Netflix diketahui mencatat kuartal pertama yang mengecewakan dan kehilangan pelanggan untuk pertama kalinya dalam satu dekade. Hal tersebut membuat Netflix memilih untuk mengembangkan paket langganan berbiaya lebih rendah setelah bertahun-tahun menentang gagasan memasukkan iklan.

Paket berlangganan yang didukung iklan tersebut akan menjadi tambahan dari tiga opsi paket yang sudah tersedia. Microsoft akan bertanggung jawab untuk merancang dan mengelola platform bagi pengiklan yang ingin menayangkan iklan kepada pengguna Netflix. Microsoft menambahkan bahwa pengiklan "akan memiliki akses ke pemirsa Netflix dan inventaris TV premium yang terhubung".

"Ini masih sangat awal dan kami memiliki banyak hal yang harus diselesaikan," ujar Greg Peters selaku Chief Operating Officer Netflix dalam pernyataannya pada Rabu (13/7).


Sementara itu, menambahkan iklan berarti Netflix akan mengekspos dirinya ke beberapa masalah pelik. Termasuk perdebatan seputar data pribadi konsumen yang dikumpulkan dalam skala besar untuk menargetkan mereka dengan penawaran yang lebih menguntungkan dan dipersonalisasi.

Keputusan Netflix untuk bermitra dengan Microsoft ini tidak membuat para analis terkejut. Pasalnya, Microsoft dinilai menawarkan konflik kepentingan yang lebih sedikit untuk Netflix daripada beberapa perusahaan lain.

"Tidak seperti tiga penjual iklan teratas di Google, Meta, dan Amazon, Microsoft tidak mendorong produk streaming yang bersaing," jelas analis Ross Benes.

Sebagai informasi, Netflix kehilangan 200 ribu pelanggan di seluruh dunia pada kuartal pertama 2022 dibandingkan akhir tahun 2021. Hal tersebut membuat Netflix mengumumkan kehadiran iklan dengan tujuan untuk membiayai investasi yang diperlukan untuk mempertahankan posisinya sebagai pemimpin dalam industri yang diluncurkannya.

Netflix juga mengindikasikan akan lebih ketat dalam berbagi login dan kata sandi. Pasalnya, fitur berbagi login dan kata sandi itu memungkinkan banyak orang tidak membayar untuk mengakses konten platform.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru