'Pachinko' Cuma Masuk 1 Nominasi Emmy Awards 2022, Sejumlah Media Internasional Ngamuk
TV

Berbeda nasib dengan 'Squid Game', drama Lee Min Ho dan Kim Min Ha 'Pachinko' hanya berhasil menembus 1 nominasi di Emmy Awards 2022. Hal ini rupanya memicu kemarahan media internasional.

WowKeren - "Pachinko" telah menembus jajaran nominasi Emmy Awards 2022 untuk kategori Outstanding Main Title Design. Meski demikian, fakta bahwa drama karya sutradara Kgonada dan Justin Chon ini hanya mendapatkan satu nominasi di ajang penghargaan itu memicu reaksi keras media internasional.

Pada 12 Juli, Academy of Television Arts and Sciences (ATAS) selaku penyelenggara Emmy mengumumkan daftar nominasi untuk helatan yang memasuki tahun ke-74. "Squid Game" menjadi program non-berbahasa Inggris pertama di penyiaran TV yang dinominasikan untuk Academy Award. Namun "Pachinko" yang diperkirakan bakal memenangkan penghargaan utama Emmy tahun bersama "Squid Game" hanya menempati satu nominasi.

Dengan penampilan Kim Min Ha sebagai aktris utama,Youn Yuh Jung pemenang Oscar dan aktor bintang hallyu Lee Min Ho, drama adaptasi novel laris ini telah menarik perhatian secara global. Media internasional mengamuk, menganggap Emmy sudah mengabaikan "Pachinko".

INDIEWIRE sebagai salah satu media yang menyuarakan kritik atas masalah ini. "Fanbase online yang sangat vokal disematkan dengan sambutan hangat tidak bisa mendorong drama Apple TV+ untuk disukai Emmy. Ini bisa jadi persaingan ketat, bisa jadi kurangnya jumlah penonton secara keseluruhan, tapi penolakan seperti ini sulit diterima," kata mereka.

\'Pachinko\' Cuma Masuk 1 Nominasi Emmy Awards 2022, Sejumlah Media Internasional Ngamuk

Source: KBizoom


Kemudian ada COLLIDER menyatakan penyesalan besar karena Kim Min Ha tak lolos nominasi. Menurut mereka, Kim Min Ha yang memainkan versi remaja Kim Sun Ja telah berhasil membangun pondasi cerita sekaligus menunjukkan kerentanan dan kekuatan karakternya dengan mudah. Kim Min Ha juga telah membuat karakternya menjadi kompleks lewat caranya sendiri dengan penuh emosi.

"Salah satu adegan yang menonjol adalah ketika dia melakukan percakapan tak terputus di akhir episode 3 sambil makan. Tanpa merusak, itu adalah momen luar biasa yang telah terukir di ingatanku secara permanen. Kim Min Ha seharusnya dapat nominasi di Emmy Awards," jelas mereka. "Aspek mendasar dari pertunjukan yang dilecehkan adalah kenyataan bahwa Emmy, serta sebagian besar penghargaan secara luas telah meremehkan karya seni yang diucapkan selain dalam bahasa Inggris."

Ada pula LA TIMES yang menyebutkan "Pachinko" sebagai drama televisi terbaik sehingga kurangnya pengakuan tentu saja menyakitkan. Lalu HuffPost berpendapat bahwa drama ini bisa memaksimalkan upanya di musim baru untuk membalas penghinaan terhadap akting Kim Min Ha dan Youn Yuh Jung.

Vulture menjelaskan keputusan Emmy tidak memberikan nominasi yang pantas dinilai suram mengingat "Pachinko" dinilai punya bobot sejarah, sinematografi dan ansambel pemain menakjubkan. Untuk itu, Decider juga memberikan pendapat yang serupa bahkan menyebutkan drama ini saking indahnya belum pernah ditemukan sebelumnya. Beberapa media yang juga menganggap "Pachinko" pantas mendapatkan lebih banyak penghargaan aantara lain Hollywood Reporter dan Mashable.india.

Ajang penghargaan barangkali bukan segalanya untuk menentukan sebuah "mahakarya". Namun minimnya kredit terhadap "Pachinko" telah disayangkan banyak pihak.

Sementara itu, "Pachinko" adalah drama tentang keluarga imigran Korea di masa pendudukan Jepang selama 3 generasi jauh dari akarnya lewat sudut pandang Kim Sunja. Drama ini tamat di episode 8 pada 28 April lalu sekaligus mengkonfirmasi musim 2.

(wk/inta)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru