Thailand Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet, Pasien yang Terpapar 'Melarikan Diri'
Dunia

Thailand kini telah melaporkan kasus pertama cacar monyet di negaranya. Akan tetapi, pasien yang dinyatakan positif cacar monyet itu 'melarikan diri' dan kini dalam pencarian.

WowKeren - Thailand pada Jumat (22/7), melaporkan kasus pertama cacar monyet. Adapun pasien yang terdeteksi terpapar cacar monyet ini merupakan seorang pria Nigeria. Pria Nigeria ini dinyatakan positif cacar monyet usai dilakukan tes laboratorium.

Kabar mengenai kasus pertama cacar monyet yang dilaporkan oleh Thailand itu disampaikan oleh Wakil Gubernur Phuket Pichet Panapong. Akan tetapi, pasien pertama cacar monyet di Thailand itu dilaporkan hilang, dan kini tengah dicari.

Pichet melaporkan kasus pertama cacar monyet di Thailand itu dalam konferensi pers di perusahaan dengan pejabat senior lainnya, sembari menyusul laporan di media Thailand bahwa pria berusia 27 tahun itu telah "melarikan diri" dari rumah sakit tempatnya dirawat.

Melansir Bangkok Post, Kolonel Pol Col Thanet Sukchai selaku Inspektur Imigrasi Phuket mengatakan bahwa pria tersebut diyakin masih berada di kawasan pantai Patong, Phuket.

Sementara itu, terkait dengan temuan kasus pertama cacar monyet itu, pejabat investigasi penyakit lantas melacak 154 orang yang diduga melakukan kontak dengan pria tersebut dan mereka telah diuji. Sejauh ini hasilnya menunjukkan tidak ada yang ditemukan terinfeksi.


Lebih lanjut, Pol Col Thanet juga meyakinkan masyarakat bahwa petugas kesehatan bisa mengendalikan penyakit cacar monyet itu. Ia pun meminta masyarakat agar tidak panik dan tetap waspada.

Di sisi lain, Dr Kusak Kukiartkul selaku Kepala Kantor Kesehatan Masyarakat Phuket, mengatakan bahwa cacar monyet yang terdeteksi pada pasien adalah varian Afrika, A2, yang tidak parah.

Menurut Kusak pria yang dinyatakan positif cacar monyet itu mencari perawatan di rumah sakit swasta sebagai pasien rawat jalan. Ia juga diduga terinfeksi monkeypox dan rumah sakit mengirim sampel darahnya untuk tes laboratorium. Dan benar hasilnya menunjukkan positif cacar monyet.

Sebelumnya, Kusak mengatakan bahwa pria tersebut memiliki kondisi yang tidak parah dan disarankan untuk melakukan karantina mandiri di kondominiumnya. Namun pada 18 Juli 2022 lalu, saat pihak rumah sakit menghubunginya, pasien tidak menjawabnya.

Kemudian polisi yang dikirim untuk mendatangi ke kondonya itu mendapatinya naik taksi menuju pantai Patong, di mana ia melakukan check in di sebuah hotel, Kemudian pada malam harinya ia meninggalkan hotel. Hingga kini pasien tersebut masih dalam pencarian.

(wk/tiar)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait