WHO Tetapkan Wabah Cacar Monyet Kini Berstatus  Darurat Global
AFP
Dunia

WHO menetapkan wabah Cacar Monyet sebagai emergency of international concern. Saat ini diketahui bahwa kasus Cacar Monyet telah terdeteksi di puluhan negara di dunia.

WowKeren - Kasus penyebaran virus Cacar Monyet kini menjadi permasalahan global. Puluhan negara kini tengah berhadapan dengan serangan wabah Cacar Monyet. Organisasi Kesehatan Dunia WHO pun menetapkan wabah Cacar Monyet sebagai darurat yang menjadi perhatian internasional (emergency of international concern).

Melansir Al Jazeera, saat ini diketahui sudah ada lebih dari 16.500 kasus cacar monyet yang dilaporkan secara global. Dengan lebih dari 50 negara mengkonfirmasi keberaaan Cacar Monyet di negara mereka.

Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus membuat keputusan untuk mengeluarkan deklarasi meskipun kurangnya konsensus di antara para ahli yang bertugas di komite darurat badan kesehatan PBB. Ini adalah pertama kalinya kepala badan kesehatan PBB mengambil tindakan seperti itu.

“Kami memiliki wabah yang telah menyebar ke seluruh dunia dengan cepat melalui mode penularan baru yang kami pahami terlalu sedikit dan yang memenuhi kriteria dalam peraturan kesehatan internasional,” ujar Tedros, Sabtu (23/7). "Saya tahu ini bukan proses yang mudah atau langsung dan ada perbedaan pandangan di antara para anggota (komite)".


Tedros mengatakan sekarang ada lebih dari 16 ribu kasus yang dilaporkan dari 75 negara dan wilayah, dengan lima kematian. Keadaan darurat global adalah tingkat kewaspadaan tertinggi WHO, tetapi penunjukan tersebut tidak berarti suatu penyakit sangat menular atau mematikan.

Kepala kedaruratan WHO, Dr. Michael Ryan, mengatakan direktur jenderal membuat keputusan untuk memasukkan cacar monyet ke dalam kategori itu untuk memastikan komunitas gobal menanggapi wabah saat ini dengan serius. WHO baru-baru ini menyerukan tindakan "mendesak" untuk mencegah penyebaran cacar monyet di Eropa.

Infeksi di Eropa mewakili sekitar 90 persen dari total kasus global. Dengan 31 negara di kawasan Eropa kini telah mengidentifikasi kasus, Direktur Regional WHO untuk Eropa Dr Hans Henri Kluge mengatakan pada 1 Juli.

"Hari ini, saya mengintensifkan seruan saya kepada pemerintah dan masyarakat sipil untuk meningkatkan upaya ... untuk mencegah cacar monyet berkembang di wilayah geografis yang berkembang," pungkas Kluge dalam sebuah pernyataan saat itu.

Badan PBB memperkirakan bahwa penyakit ini bisa berakibat fatal, tetapi vaksin cacar bersifat protektif dan beberapa obat antivirus juga sedang dikembangkan.

(wk/amel)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait