Ridwan Kamil Nasihati Baim Wong yang Ingin Patenkan 'Citayam Fashion Week', Wanti-wanti Begini
instagram
Selebriti

Berikan nasihat untuk Baim Wong yang berniat patenkan ‘Citayam Fashion Week’ ke DJKI, Ridwan Kamil berikan nasihat sekaligus pesan berisi wanti-wanti soal ini.

WowKeren - Kabar perusahaan milik Baim Wong dan Paula Verhoeven yang mendaftar untuk mematenkan “Citayam Fashion Week” ke DJKI menjadi kontroversi di jagat maya saat ini. Publik pro dan kontra dengan keputusannya mendaftarkan hak paten atas “Citayam Fashion Week”. Sebagian mengkritik Baim dan Paula mencari keuntungan dari ide orang lain di tengah viralnya fenomena tersebut di Indonesia.

Baim Wong sendiri sudah buka suara dan menegaskan visi besar di balik keinginannya mematenkan “Citayam Fashion Week” ke DJKI. Namun hal tersebut tak menyurutkan hujatan dan kritikan yang terus berdatangan kepadanya.

Kali ini tanggapan kontra serupa datang dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ridwan Kamil menyampaikan nasihat perihal fenomena “Citayam Fashion Week” yang menurutnya harus berkembang secara alami. Justru, Ridwan Kamil mewanti-wanti kekhawatiran jika fenomena tersebut akan cepat hilang jika terlalu dimewahkan.

Dear Baim Wong dkk, Nasehat saya, tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersial. Fenomena #CitayamFashionWeek itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuhkembangnya harus natural dan organik pula,” tutur Ridwan Kamil. “Sekalinya diformalkan dan dimewahkan, apalagi oleh orang luar, malah akan hilang tujuan dan maksudnya. Dan biasanya gerakannya malah akan mati muda.


Ridwan Kamil menilai tak perlu adanya perubahan drastis pada fenomena fesyen jalanan yang belakangan ramai disebut sebagai “Citayam Fashion Week” ini. “Biarkan ini jadi cerita, bahwa fashion jalanan tetap adanya di jalanan. Bukan di sarinah, bukan di podcast, bukan pula harus menginternasional. Biarkan tetap Slebew bukan Haute Couture,” tuturnya.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengapresiasi kinerja Baim Wong dan Paula di berbagai bidang lainnya namun tidak kali ini. Sang Gubernur berpendapat jika komunitas “Citayam Fashion Week” tak seharusnya dicampuri oleh orang luar baik dari pihak pemerintahan maupun individu seperti Baim Wong dan Paula.

Ada kalanya mereka hanya butuh ruang ekspresi. Dan tidak perlu negara turut campur terlalu jauh. Tidak perlu pula individu2 di luar komunitasnya ikut-ikutan mengatur-ngatur. Jikapun ingin diorganisasikan lebih baik, biarlah mereka sendiri yang mengurusnya melalui komunitasnya. Oleh mereka bukan anda. Anda dan istri sudah hebat punya kerja2 luar biasa. Lanjutkan. Tapi bukan untuk inisiatif yang ini,” tegasnya.

Terakhir Ridwan Kamil hanya meninggalkan saran kepada Baim Wong untuk mencabut pendaftaran terkait “Citayam Fashion Week” di Kemenkumham. “Saran saya, pendaftaran HAKI ke Kemenkumham dicabut saja. Terima kasih jika bisa memahaminya. Hatur Nuhun,” tandasnya.

Warganet kembali meninggalkan tanggapan mereka atas kehebohan kabar Baim Wong ingin mematenkan “Citayam Fashion Week” ini. Sebagian besar rupanya sependapat dengan Ridwan Kamil dan berharap Baim membatalkan pendaftarannya di Kemenkumhan atas hak paten “Citayam Fashion Week”.

(wk/sept)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru