Waspada! Ini Tanda-Tanda Hubungan Kamu Dalam Kondisi Red Flag
Pexels/Timur Weber
SerbaSerbi

Istilah Red Flag menggambarkan bahwa kondisi hubungan Anda dengan doi tidak sehat atau tengah berada dalam fase berbahaya. Kenali 7 tanda seseorang berada dalam hubungan red flag.

WowKeren - Istilah red flag belakangan ramai di media sosial. Istilah ini dipakai untuk menjelaskan status hubungan asmara seseorang. Anak muda biasanya memakai istilah red flag untuk menandai hubungan yang berjalan tidak sehat atau berbahaya.

Selain red flag, ada pula hubungan yellow flag dan green flag. Perbedaan dan penjelasan dari ketiganya sudah sempat dibahas WowKeren di artikel sebelumnya. Sementara kali ini, WowKeren akan membahas bahaya hubungan red flag.

Bahaya hubungan red flag disampaikan oleh psikolog Madeleine Mason Roantree. Suatu hubungan dikatakan berada di fase red flag bila pasangan menunjukkan kurangnya rasa hormat, minat dan perhatian dalam hubungan tersebut.


"Red flag dapat didefinisikan sebagai sesuatu yang dilakukan pasangan Anda yang menunjukkan kurangnya rasa hormat, integritas, atau minat terhadap hubungan. Ini mungkin termasuk tanda-tanda kurangnya perhatian, isolasi, komunikasi yang buruk atau rasa tidak aman," kata Madeleine.

Hubungan red flag dinilai sangat berbahaya dan disarankan untuk segera diakhiri agar tak menyiksa batin dan pikiran. Namun, masih banyak masyarakat tak menyadari jika mereka berada dalam hubungan red flag.

Karena itu, WowKeren telah merangkum 7 tanda seseorang mungkin berada dalam hubungan red flag. Tak perlu menunggu lama, yuk langsung simak dalam artikel berikut ini.

(wk/Sisi)

1. Pasangan Ketergantungan Alkohol Dan Narkoba


Pasangan Ketergantungan Alkohol Dan Narkoba
Unsplash/thom masat

Masalah utama hubungan red flag adalah perilaku penyimpangan sosial yang kerap dilakukan pasangan. Seperti ketergantungan alkohol, obat-obatan bahkan narkoba. Kondisi ini bisa sangat berbahaya lantaran memicu perilaku negatif dalam suatu hubungan. Terapis Amber Trueblood membenarkan pendapat tersebut.

"Minum setiap hari atau mabuk beberapa kali seminggu bisa menjadi tanda bahaya untuk hubungan. Jika alkohol atau obat-obatan memengaruhi kehidupan pasangan Anda secara negatif, baik itu pekerjaan, kesehatan, atau hubungan kalian, itu tanda hubungan Anda berada dalam kondisi red flag," kata Amber.

2. Kekerasan Dalam Hubungan


Kekerasan Dalam Hubungan
Unsplash/Kat J

Salah satu tanda bahaya red flag adalah emosi yang tak terkendali dan perilaku kasar pasangan. Bila hal ini terjadi, Anda disarankan untuk segera meninggalkan hubungan tersebut. Pasangan yang kasar biasanya juga bersikap buruk pada orang lain. Pandangan demikian disampaikan pakar kencan Susan Trombetti.

"Jika seseorang menunjukkan emosi yang tidak terkendali dan mudah berperilaku kasar, ini adalah tanda bahaya yang serius. Kurangnya empati bisa berarti mereka tidak memiliki emosi dan perhatian. Bila pada pasangan mudah lepas kendali, kemungkinan sikap mereka ke orang lain juga buruk," papar Susan.

3. Seringnya Cemburu Dan Berburuk Sangka


Seringnya Cemburu Dan Berburuk Sangka
Pexels/Leonardo Santos

Kecemburuan berlebih dan seringnya berburuk sangka juga menjadi tanda hubungan red flag. Hal itu terjadi lantaran kadar kepercayaan pasangan semakin minim. Kondisi demikian hanya akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Terapis Amber Trueblood kembali menyetujui pendapat tersebut.

"Umumnya, kecemburuan dan ketidakpercayaan sering terjadi dalam hubungan red flag. Seringkali, mereka terlalu mengontrol karena minimnya kepercayaan. Itu hanya akan membuat hubungan tidak nyaman dan putus asa. Tentunya, cekcok juga akan semakin sering terjadi," jelas Amber.

4. Perselingkuhan


Perselingkuhan
Pexels/cottonbro

Perselingkuhan adalah hal yang paling dihindari dalam suatu hubungan. Bila pasangan kepergok melakukan perselingkuhan, itu artinya hubungan dalam bahaya. Disarankan untuk tak diteruskan lantaran kepercayaan Anda ke pasangan tidak akan pernah sama lagi. Hal demikian dibenarkan oleh psikolog Rachel Goldman, PhD.

"Hubungan membutuhkan kepercayaan untuk berhasil. Jika pasangan Anda memiliki riwayat perselingkuhan, penting untuk berhati-hati. Perselingkuhan membuat pasangan Anda perlahan berubah. Jika diteruskan, hal ini akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk mempercayai pasangan Anda sepenuhnya," ujar Rachel.

5. Keluarga Atau Teman Tidak Menyukai Pasangan Anda


Keluarga Atau Teman Tidak Menyukai Pasangan Anda
Unsplash/Lisa

Tanpa restu keluarga atau teman, hubungan Anda tak akan berjalan mulus. Bila keluarga atau teman tak menyukai pasangan Anda atau berkomentar buruk tentangnya, maka Anda perlu mendengar pendapat mereka. Kemungkinan mereka telah menyadari bahwa anda berada dalam hubungan berbahaya atau red flag. Pakar kencan James Preece mendukung pendapat tersebut.

"Kadang-kadang mudah untuk menutup mata dan hanya melihat apa yang ingin Anda lihat. Bila Anda mulai mendengar banyak hal negatif dari teman dan keluarga Anda dan mereka tak menyukai pasangan Anda, mungkin seharusnya hubungan Anda dievaluasi kembali. Orang-orang di sekitar Anda sering kali dapat melihat hal-hal yang tidak akan pernah Anda lihat," terang James.

6. Sering Berbohong


Sering Berbohong
Unsplash/Annie Spratt

Sering berbohong juga pertanda Anda berada dalam hubungan red flag. Dalam kasus ini, pasangan biasanya terus-menerus berbohong dan menyembunyikan rahasia-rahasia besar seperti utang piutang, tindak kejahatan atau perselingkuhan. Kebohongan yang dilakukan berulang kali juga mempersulit kelancaran hubungan. Pendapat tersebut disampaikan terapis pernikahan, Samara Quintero.

"Jika Anda perhatikan pasangan Anda sering menipu atau terjebak dalam kebohongan, itu adalah tanda bahaya. Ini bisa berupa kebohongan kecil, seperti tidak jujur tentang tujuan mereka atau kebohongan besar, seperti tidak memberi tahu Anda berapa banyak utang yang mereka miliki. Dibohongi berulang-ulang dapat mempersulit untuk membangun fondasi yang kuat dalam hubungan," papar Samara.

7. Pelecehan Emosional Dan Mental


Pelecehan Emosional Dan Mental
Unsplash/Thirteen .J

Pelecehan secara emosional dan mental menjadi pertanda bahwa rasa sayang pasangan ke Anda mulai berkurang. Apalagi, bila pasangan Anda sampai hati menyampaikan kritik atau kalimat yang merendahkan. Bila doi menolak berubah dan terus menyakiti hati, maka Anda diperbolehkan untuk pergi. Hal itu lagi-lagi dibenarkan oleh Samara Quintero.

"Seorang pasangan yang sering mengkritik atau merendahkan Anda, itu adalah bentuk pelecehan emosional yang dapat menyebabkan perasaan cemas dan tidak aman dalam hubungan. Mengatasi perilaku ini sangat penting dan jika mereka menolak untuk berubah, mungkin sudah waktunya Anda mempertimbangkan untuk berhenti," kata Samara.

Itu dia 7 tanda seseorang mungkin berada dalam hubungan red flag. Semoga artikel di atas membantu sobat WowKeren untuk terhindar dari bahaya red flag ya. See you di next artikel!

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait