Ucapan Mendiang Jonghyun SHINee Soal Punya Anak Kembali Dibahas
Instagram/bumkeyk
Selebriti

Alasan beberapa penggemar merasa sedih adalah karena fakta bahwa bahkan setelah tujuh tahun berlalu, sistem yang Jonghyun soroti dalam komentarnya tidak berubah sama sekali.

WowKeren - Pada 1 Agustus, sebuah postingan di komunitas online Theqoo menjadi topik hangat. Postingan tersebut memuat komentar media sosial yang ditulis oleh mendiang member SHINee, Jonghyun.

Dalam postingan tersebut, tangkapan layar dari tweetnya mengatakan, "Jonghyun, tujuh tahun telah berlalu tapi dunia masih sama persis." Dalam konteksnya, postingan idol pria tersebut menyampaikan pemikiran jujurnya tentang betapa "menakutkannya" membawa seorang anak ke dunia ini dan mengungkapkan kekhawatirannya.

Jonghyun menulis, "Menurunkan usia masuk untuk SD, SMP, dan SMA untuk menginduksi persalinan... Buku teks yang diproduksi pemerintah... Di bawah kebijakan ini, itu hanya membuatku kurang percaya diri dalam memiliki anak dan membantu pikiran dan tubuh mereka tumbuh menjadi manusia yang sehat. Bukan berarti aku mengatakan bahwa aku tidak akan punya anak, tapi punya anak itu menakutkan."

Segera setelah postingan tersebut muncul kembali, pengguna online dan Shawol (fandom SHINee) mengungkapkan reaksi beragam mereka. Alasan beberapa penggemar merasa sedih adalah karena fakta bahwa bahkan setelah tujuh tahun berlalu, sistem yang Jonghyun soroti dalam komentarnya tidak berubah sama sekali.


Ucapan Mendiang Jonghyun SHINee Soal Punya Anak Kembali Dibahas

Twitter, Theqoo

Orang-orang juga mengungkapkan kesedihan dan kerinduan untuk mendiang penyanyi tersebut dan meninggalkan komentar di bawah tweetnya. Di atas komentar ini, mereka tidak bisa tidak mengagumi Jonghyun karena berbicara tentang tekanan sistem pendidikan Korea Selatan, dan berempati dengan komentarnya.

"Dia selalu menjadi orang yang lugas dan berani. Aku merindukanmu, Jonghyun," komentar netizen. "Sekarang negara ini semakin jauh ke belakang. Ini lebih regresif, hancur dan busuk dari sebelumnya. Akan lebih baik jika tidak ada yang berubah. Aku merindukanmu Kim Jonghyun," kata netizen lainnya. "(Jonghyun) adalah orang yang tidak takut mengungkapkan pikirannya, (seseorang) yang tidak bisa tidak kita cintai," ujar yang lain.

Lebih banyak komentar mengingat bagaimana Jonghyun menjadi salah satu idol pertama yang berbicara tentang masalah sosial dan bahwa kata-kata dan mimpinya di dunia ini tetap ada. Dia juga memantapkan karirnya sebagai solois, DJ, penulis, komposer, penulis lagu, dan banyak lagi. Sementara itu, Jonghyun meninggalkan dunia pada 18 Desember 2017 pada usia 27 tahun.

(wk/dewi)

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait